Kesehatan

Yuk, Hindari Lakukan 3 Hal yang Bisa Merusak Daya Tahan Tubuh Kita! – Bobo


Kurang tidur bisa menurunkan daya tahan tubuh

- Advertisement -

rraheb/iStockphoto

Kurang tidur bisa menurunkan daya tahan tubuh

Bobo.identity –Daya tahan tubuhmenjadi hal yang penting bagi tubuh kita.

- Advertisement -

Saatdaya tahan tubuhdalam keadaan baik, maka kita jadi tidak mudah terkena penyakit.

Namun sebaliknya, ketikadaya tahan tubuhkita sedang menurun, maka bakteri maupun virus akan dengan mudah masuk ke tubuh dan membuat kita sakit.

Agardaya tahan tubuhkita tetap dalam keadaan yang baik untuk bisa melawan penyakit, ada beberapa jenis makanan yang bisa kita konsumsi.

Baca Juga:5 Makanan Ini Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Pernah Coba?

Contohnya seperti brokoli yang mengandung food regimen A, C, dan E, atau bayam yang tinggi antioksidan dan food regimen C.

Selain sayur, ada juga buah pepaya yang mengandung enzim bernama papain, yaitu enzim pencernaan yang berfungsi sebagai antiinflamasi.

Baca Juga:  Memakan Seafood Sisa Semalam, Lelaki Ini Nyaris Tewas - VIVA - VIVA.co.id

Tidak hanya mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, ada beberapa hal yang juga harus teman-teman hindari agar tidak merusak daya tahan tubuh.

Apa saja, ya, kegiatan yang harus kita hindari agar tidak merusak daya tahan tubuh?

1. Kurang Tidur

Siapa yang suka tidur larut malam, padahal keesokan paginya harus berangkat ke sekolah?

Tidur larut malam atau begadang bisa membuat waktu tidur teman-teman berkurang, lo.

Akibatnya, kita akan mengantuk saat sedang di sekolah atau melakukan aktivitas lainnya.

Nah, selain mengantuk, kurang tidur juga dapat memengaruhi daya tahan tubuh kita.

Kurang tidur bisa membuat daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh gagal melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit, seperti pilek, batuk, dan penyakit lainnya.

Baca Juga:  Hindari Peretasan dan Penipuan dengan Fitur Baru Instagram - Republika Online

Karena kurang tidur, maka akan berpengaruh terhadap kesehatan kita, bahkan dapat menyebabkan stres karena menurunnya daya tahan tubuh.

Baca Juga:Mengapa Mata Menjadi Bengkak Setelah Menangis? #AkuBacaAkuTahu

2. Jarang Beraktivitas Fisik

Mungkin teman-teman lebih suka bermainsportmelaluismartphone,dibandingkan dengan bermain di luar rumah bersama teman-teman.

Hal ini kemudian menyebabkan kita jadi jarang melakukan aktivitas fisik dan kurang bergerak.

Wah, hal ini bisa berdampak pada daya tahan tubuh kita, teman-teman.

Jarang melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga ringan akan meningkatan risiko kita untuk terserang beberapa penyakit.

Dengan banyak beraktivitas fisik, maka bisa meningkatkan perasaan bahagia dan membuat tidur lebih nyenyak, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Kebutuhan Sayur dan Buah Tidak Tercukupi

Baca Juga:  Anda Sering Lakukan Kesalahan? Cobalah Meditasi - Bisnis.com

Selain harus tidur cukup dan banyak melakukan aktivitas fisik, pola makan yang sehat juga harus diperhatikan, teman-teman.

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup.

Buah dan sayur yang tinggi food regimen C dan E akan membantu memperkuat daya tahan tubuh, lo.

Teman-teman bisa mengonsumsi jeruk, kiwi, apel, bayam, maupun wortel.

Baca Juga:Kurang Baik untuk Tubuh, Apa Saja Dampak Tidur Tengkurap, ya? #AkuBacaAkuTahu

Selain memenuhi asupan food regimen melalui buah dan sayur, sebaiknya hindari beberapa jenis makanan, nih.

Terlalu banyak konsumsi lemak jenuh, garam, dan gula akan merusak daya tahan tubuh.

 #GridNetworkJuara

Tonton video ini juga, yuk!


Video Pilihan

PROMOTED CONTENT

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close