Kesehatan

Waspada, Gadget Bisa Mengakibatkan Mata Kering – FaktualNews.co


SURABAYA, FaktualNews.co– Perangkat digital sedang berada pada masa emasnya. Seperti dilansirFimale, fakta mengungkapkan rata-rata mayarakat Indonesia mengakses web dan menggunakan perangkat elektronik seperti gawai selama 8 jam 36 menit perhari.

- Advertisement -

Kebiasann ini ternyata dapat memicu mata kering. Knowledge mencatat, sekitar 20 hingga 50 persen populasi di dunia mengalami gejala mata kering, bahkan tanpa disadari.

Dr. Nina Asrini Noor, Sp.M mengatakan di tahun 2017 penderita mata kering diJakarta Explore Center(JEC) mencapai 30,6 persen, dan angka ini terus meningkat setiap tahunnya.

Baca Juga:  Syarat Agar Hubungan dengan Pasangan Positif HIV Tidak Menularkan Penyakit - detikHealth

Dr. Nina juga menyampaikan mata kering  merupakan kondisi hilangnya keseimbangan komponen air mata yang ditandai dengan berbagai gejala, mulai dari air mata menjadi tidak stabil, peningkatan kekentalan air mata, hingga kerusakan atau peradangan pada permukaan mata.

- Advertisement -

Aktivitas dengan atensi visual atau fokus tinggi dalam durasi waktu lama, seperti menatap video show atau gawai, dapat menjadi faktor penyebab mata kering dan lelah.

Baca Juga:  Ini Mengapa Seseorang Ingin Terus di Tempat Tidur Saat Flu - Republika Online

“Karena pada saat sedang fokus, frekuensi berkedip berkurang, sehingga mata terasa seperti mengganjal, mudah merah berulang, berair, terasa kering, sensasi berpasir, ada kotoran mata, terasa lengket, rasa gatal yang memicu untuk mengucek mata. Membaca buku dan mengemudikan kendaraan juga termasuk kegiatan dengan atensi visual tinggi, yang juga dapat menimbulkan mata lelah atau kering,” ujar dalam acara Buka Mata Buka Insto, di Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Baca Juga:  Sumut Tetapkan KLB Difteri Usai Kematian Mahasiswa USU - CNN Indonesia

Penurunan produktivitas

Mata kering berbahaya karena dapat menurunkan produktivitas. Sebuah info dari Universitas Alabama, menyatakan bahwa masalah penglihatan yang tidak terkoreksi (salah satunya mata kering) dapat mengurangi produktivitas hingga 29%. Pada kondisi tertentu, permasalahan mata kering yang diabaikan dapat menurunkan kualitas pada hidup.

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close