Beranda » Bisnis » Waralaba Asing Menjamur di Pasar Lokal, Berdampak Baik atau Buruk? – Kompas.com – KOMPAS.com

Waralaba Asing Menjamur di Pasar Lokal, Berdampak Baik atau Buruk? – Kompas.com – KOMPAS.com

by Azmi Naja
Waralaba Asing Menjamur di Pasar Lokal, Berdampak Baik atau Buruk? – Kompas.com – KOMPAS.com

Ilustrasi franchise, waralabaDok. HaloMoney.co.idIlustrasi franchise, waralaba

JAKARTA, KOMPAS.com –Hadirnya waralabaasing di pasar lokal kerap menuai polemik. Isunya soal merebut pasar waralaba lokal bahkan mematikan bisnisyang tengah berkembang, mengingat stamp waralaba asing jauh lebih terkenal.

Namun sebetulnya, Ketua Umum Perhimpunan Waralabadan Lisensi Indonesia (WALI) Levita Ginting Supit mengatakan, kehadiran waralaba asing justru menjadi ajang pembelajaran bagi pemilik usaha waralaba(franchisor)Indonesia.

“Kita jangan merasa mereka mengancam bisnis kita, justru ini sebagai ajang pembelajaran bagaimana caranya mereka bisa mengembangkan franchisesebesar itu?” kata Levita Ginting Supit di Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Baca Juga:  Aturan IMEI Berlaku Tahun Depan, Plate Minta Publik Stop Beli Ponsel BM - Suara.com

“Kalau enggak ada kompetitor, kita kurang kreatif, kita ada di zona nyaman. Jadi kita ambil yang positifnya dan diaplikasikan ke bisnis kita,” imbuh dia.

Baca juga:Mau Kembangkan Bisnis Waralaba ke Kancah World? Simak Pointers Ini

Sepakat dengan Levita, Partner & Founder World Franchise Business Management (IFBM) Burang Riyadi menyatakan waralaba asing yang banyak terjun ke pasar internasional bisa menjadi agen pembelajaran.

Baca Juga:  Satu Pemain Asing Persebaya Surabaya dan Kalteng Putra Tak Ada di Website Liga Indonesia, Dicoret? - Tribun Wow

Cara tersebut bisa menjadi salah satu pilihan karena tidak adanya sekolah seputar bisnis franchise, investasinya, cara memulainya, dan cara mengembangkannya secara detil.

Sementara, banyak merek waralaba asing yang sudah sukses sejak puluhan tahun lalu, seperti Starbucks, KFC, McDonalds, Breadtalk, dan sebagainya.

“Sekolah franchise enggak ada, akan lebih bagus kalau kita belajar dengan waralaba asing. Kita Pelajari sistem orang asing dan kita olah sehingga bisa lebih profesional dari mereka. Lagi pula yang punya waralaba asing di Indonesia itu ya punya orang Indonesia,” ungkap dia.

Baca Juga:  Indira Hadir Buat Pelanggan Indosat Ooredoo - Selular.ID

Baca juga:Mau Mulai Bisnis Waralaba, Perhatikan Ini

Cara-cara ini, kata dia, yang kerap dilakukan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura untuk mengembangkan produk lokalnya ke industri world.

Adapun waralaba asing kerap memilih Indonesia sebagai tujuan pasarnya karena berpeluang besar, negaranya besar dengan jumlah penduduk banyak.

“Peluang-peluang ini juga lah yang bisa dimanfaatkan teman-teman waralaba lokal yang ada di Indonesia,” pungkas dia.

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More