Bisnis

Uji Coba Mobil Pakai B30 Lancar, Bagaimana dengan Kapal? – CNBC Indonesia


Jakarta, CNBC Indonesia –Kementerian ESDM bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) telah menyelesaikan uji jalan B30 ke kendaraan listrik, Kamis (5/9/2019).

- Advertisement -

Usai uji jalan, mereka menggelar seminar untuk menjelaskanlebih lanjut goal B30 sebelum well-known B30 pada 1 Januari 2020. Pada kesempatan itu, peserta seminar dari Direktorat TSDP Kementerian Perhubungan mengajukan pertanyaan, apakah B30 juga diwajibkan untuk kapal ferry roro penyeberangan.

Baca Juga:  Rush Pemuncak, HR-V Tempel Ketat, Ini Rapor Penjualan LSUV Juli 2019 - Otomotifnet

Mendapat pertanyaan tersebut, Direktur Bioenergi Kementerian ESDM, Andriah Feby Misna, yang menjadi pembicara mengatakan, B30 tetap akan digunakan oleh kapal roro.

“Di 2020, tidak ada pengecualian. Semua subsektor akan diterapkan B30,” kata Andriah.

- Advertisement -

Namun, yang menjadi kendala adalah Kementerian ESDM tidak memiliki kapal roro untuk dilakukan uji jalan. Andriah mengaku sudah mendiskusikannya kepada Kementerian Perhubungan untuk mencari kapal roro ferry yang akan digunakan uji jalan.

Baca Juga:  Masa Sewa Berakhir, Ace Hardware (ACES) Bakal Tutup Gerai di Central Park - Bisnis.com

“Ada persyaratan, jam operasi kapal. Nah, ini kita sedang mencari kapal yang dalam seharian operasinya cukup banyak sehingga bisa memenuhi goal uji tersebut,” ujar Andriah.

Secara terpisah, Kepala Badan Litbang Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, mengungkapkan pernyataan senada. Untuk kapal, pihaknya masih mencari kapal yang sesuai.

“Kapal ini susah cari benda ujinya. Apa kita harus sewa atau beli. Belum ada. Mungkin kebetulan ESDM punya 1 kapal tapi lagi di Balikpapan,” katanya.

Baca Juga:  Daftar Mobil MPV Terlaris di Indonesia, Ada Merek China - VIVA - VIVA.co.id

[Gambas:Video CNBC]

(gus)

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close