Beranda » Olahraga » Terungkap Penyebab Quartararo Lebih Cepat dari Rossi-Vinales – runganSport

Terungkap Penyebab Quartararo Lebih Cepat dari Rossi-Vinales – runganSport

by Bahri Mupti
1 views
Terungkap Penyebab Quartararo Lebih Cepat dari Rossi-Vinales – runganSport


Terungkap Penyebab Quartararo Lebih Cepat dari Rossi-Vinales
Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) Speed MotoGP Spielberg, Austria 2019 / runganSport ©MotoGP.

Fabio Quartararo saat ini menjalani debut kelas MotoGP bersama Satelit Petronas Yamaha SRT, tapi kecepatannya sering lebih baik dari pembalap pabrikan Yamaha.

Misano, runganSport— Tahun ini Yamaha MotoGP tampil dengan empat pembalap mereka, yang terbagi ke dua tim.

Valentino RossidanMaverick Vinalesdi tim Monster Energy Yamaha (pabrikan), sementaraFabio QuartararodanFranco Morbidellidi tim Petronas Yamaha SRT (satelit).

Rossi sudah sangat lama di Yamaha, Vinales menjalani musim ketiganya dengan pabrikan Jepang itu, dan Quartararo-Morbidelli baru sama-sama menggeber M1 tahun ini.

Hasilnya pun terbilang naik turun, baik untuk tim pabrikan maupun tim satelit.

Tapi di banyak kesempatan Latihan Bebas, Kualifikasi dan termasuk juga dalam balapan, kadang-kadang tim satelit malah lebih unggul dari tim pabrikan.

Terutama untuk performa pembalap pendatang baru, Quartararo meski hanya di Yamaha lapis kedua, rider muda Prancis itu sudah sering mendapat hasil lebih baik dari tim pabrikan Yamaha.

Baca Juga:  3 Pemain yang Sebaiknya Ditendang Manchester United Secepatnya - Bola.com

Sejauh ini‘El Diablo’sudah sukses naik podium tiga kali, lebih banyak dari podium Rossi sementara ini, juga menjadi pembalap Yamaha dengan posisiPoleterbanyak.

Lalu apa yang membuat tim satelit Yamaha kerap tampil lebih baik dari tim resmi mereka?

Diego Gubellini, yang menjabat sebagai kepala kru untuk Quartararo di Petronas Yamaha SRT, memberikan pendapatnya soal laju mengejutkan ridernya itu di musim debut.

Bagaimana dan apa yang menyebabkan bahwa di banyak akhir pekan Quartararo menjadi lebih cepat ketimbang Rossi Vinales?

“Quartararo punya gaya balap yang sangat sesuai dengan Yamaha dan tentunya merupakan pembalap yang berbakat.

Yang bilang kalau di akhir pekan tertentu berjalan lebih cepat, tetapi saat ini tidak konstan.

Baca Juga:  Tepis Penalti Dortmund, Ter Stegen Andalkan Intuisi - CNN Indonesia

Saat ini orang-orang tidak selalu melihat pembalap pendatang baru begitu cepat, jika pembalap sudah merasa nyaman dengan motornya, maka tidak perlu mengubah gaya balap terlalu banyak(adaptasi mudah),” ujar Gubellini menjelaskan kepadaCorsedimoto.

“Quaratararo membuat jalannya dengan benar dan kadang-kadang dia lebih cepat dari pembalap pabrikan.

Tetapi jika kita melihat hasilnya, pembalap pabrikan memegang catatan, semuanya menurut saya dalam aturan,”sambungpria Italia itu.

Salah satu faktor lainnya adalah fokus pembalap, jika Quartararo hanya ditugaskan untuk beradaptasi karena masih tahun pertama dan fokus membalap sebisa yang ia lalukan.

Berbeda dengan pembalap senior di tim pabrikan, Rossi dan Vinales, selain tugasnya sebagai pembalap, keduanya juga dibebankan tanggung jawab pengembangan motor, yang memang adaalh pekerjaan besar dan butuh komitmen ekstra.

“Perlu diketahui juga bahwa Rossi dan Vinales harus melanjutkan pengembangan motor, karena itu mereka punya waktu lebih sedikit untuk fokus ke balapan akhir pekan, sementara kita (tim satelit) punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan balapan,”akuinya.

Soal knowledge, keempat pembalap Yamaha sering berbagi, temasuk knowledge Quartararo yang juga kadang-kadang dipakai oleh Rossi dan Vinales.

Baca Juga:  Jadwal Liga Champions, Malam Ini Juventus, Real Madrid, dan Man City Tanding - Kompas.com - KOMPAS.com

“Recordsdata benar-benar dibagi, selalu seperti ini. Ini juga terjadi di Honda.

Pembalap tercepat datanya harus terbuka dan bisa diakses oleh yang lain(dalam satu pabrikan), entah dia pembalap lama yang bepengalaman atau pendatang baru.

Ada server umum untuk tim Yamaha dan tim Petronas yang dapat kita tonton secara langsung,”terangGubellini.

Quartararo saat ini berada di posisi kedelapan klasemen sementara (92 poin), dan menjadi rider Yamaha terbaik ketiga.(DN/eV)

NEXT: Lorenzo Terancam Absen di Misano dan Aragon

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More