Bisnis

STNK Kendaraan Listrik di Jakarta Jumlahnya Sudah Ribuan – Detikcom


Jakarta– Kendaraan listrik selama ini terkendala soal STNK. Namun semenjak ada regulasi, records dari kepolisian menyebutkan ribuankendaraan listriksudah punya STNK dan BPKB di Jakarta.

- Advertisement -

Hal tersebut disampaikan Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri AKBP Aan Suhanan di acaraIndonesia Electric Motor Demonstrate (IEMS) 2019di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

“Hasil registrasi kita outputnya adalah BPKB dan STNK, itu legalitasnya,” ujar Aan.

- Advertisement -

“Kemudian output yang kedua adalah STNK dan TNKB, ini yang menjadi legitimasi untuk dioperasionalkan di jalan. Tanpa ini tidak bisa digunakan di jalan, jadi kuncinya itu,” sambungnya.

Baca Juga:  Tol Listrik Rampung, Lima PLTD di Sultra Dinonaktifkan - Tribun Timur

Dalam records yang dipaparkan di wilayah hukum Polda Metro Jaya tercatat sudah sebanyak 1.150 kendaraan listrik di DKI Jakarta, 104 wilayah Banten, dan 105 daerah Jawa Barat.

Ia menjelaskan untuk mendapatkan legitimasi di jalan sebelumnya pihak produsen harus melewati tahapan uji tipe dan layak di Dinas Perhubungan untuk mendapatkan Surat Uji Tipe.

Baca Juga:  Kecelakaan Maut Tol Cipularang, Ini Temuan Mengejutkan dari Kemenhub - Bisnis.com

“Regulasi sudah diatur, jadi kendaraan yang sudah dioperasionalkan di jalanan itu sudah melalui uji laik jalan. Yang kedua uji teknis itu adanya di Kementerian Perhubungan. Sebelum diuji harus didaftarkan dulu di Kementerian Perindustrian untuk mendapatkan pendaftaran tipe, baru ke perhubungan untuk uji tipe dan layak jalan,” ungkapnya.

“Dari uji tersebut kalau lolos akan keluar sertifikat uji tipe, dan SRUT. Itu yang menjadi dasar kita kepolisian untuk meregistrasi atau mendaftarkan. Hasil registrasi kita outputnya adalah BPKB dan STNK, itu legalitasnya,” jelas Aan.

Baca Juga:  Mobil Listrik Mitsubishi Diuji di Sumba, Isi Listrik Pakai Tenaga Surya - Kompas.com - Otomotif Kompas.com

Simak Video “Perpres Kendaraan Listrik Siap, Jokowi Tinggal Tanda Tangan
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close