Teknologi

Smartfren Pasang Ribuan Small Cell Sambut Era 5G – TIMES Jatim



Smartfren Pasang Ribuan Small Cell Sambut Era 5G

Munir Syahda Prabowo, VP Skills Members of the family and Particular Project Smartfren, menerangkan fungsi pemasangan BTS exiguous cell di salah satu gerai Smartfren di Surabaya, Jumat (25/10/2019).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESJATIM, SURABAYA– PTSmartfrenTelecom Tbk mengadopsi teknologi terbaruTiny Cellterintegrasi memanfaatkan kapasitas dan kualitas 4G dalam menyambut generation 5G. Hal tersebut dipicu perkembangan kebutuhan jaringan sekaligus mengakomodir rencana pemerintah untuk merilis layanan 5G secara komersial.

- Advertisement -

Inovasi ini telah diuji coba bersama Kominfo di kawasan industrial Pabrik Sinar Mas, Marunda, Jakarta Utara. Tiny cell sukses melakukan pekerjaan yang bersifat kontrol dan monitoring.

Usai melakukan uji coba teknologi berbasis 5G untuk industri pada Agustus 2019 lalu, kali ini Smartfren kembali melakukan simulasi dari penerapan teknologi 5G di generation 4G.

Salah satunya adalah di Surabaya, Jawa Timur. Smartfren menerapkan sistem dan infrastruktur dengan mengambil salah satu prinsip dari teknologi 5G yaitu kepadatan jumlah penerima dan juga pemancar. 

- Advertisement -

Di Surabaya, pemasangan exiguous cell antara lain berada di Gerai Aesthetic Fren Ketintang dan Kawasan Masjid Agung. 

Baca Juga:  Smartfren Negosiasi dengan Apple Jual iPhone 11 di Indonesia, Presiden Trump Keluhkan 'Home' Hilang - TribunJakarta.com

Contoh insfrastruktur dan teknologi baru yang diterapkan adalah dengan meletakkan antena lebih dekat ke tanah, untuk mentransmisikan “gelombang millimeter” dan juga menambah jumlah pemancar dan penerima yang lebih besar.

Kelebihan lain dari teknologi ini tidak memerlukan tower tinggi. Setidaknya saat ini telah ribuan exiguous cell telah terpasang di Sumatra dan Jawa.

Based Tranceiver Dwelling (BTS) exiguous cell hanya membutuhkan tiang plump mounting dan half of mounting yang dilengkapi energy batrai dengan ketahanan 6-8 jam untuk memback up saat listrik mati. 

Jangkauan exiguous cell bisa mencapai 1-2 kilo meter. Sedangkan tipe plump mount III digunakan untuk mengoptimalkan coverage sektoral 360 derajat. Biasanya disetting 1 kilo meter agar sinyal lebih bagus.

Baca Juga:  Cara Pasang Behel Belakang Yamaha NVX di Aerox 155, Coak Bagian Ini! - GridOto.com

“Ini akan memungkinkan kepadatan penggunaan yang lebih tinggi, salah satu prinsip teknologi 5G inilah yang sudah kami vow dan terapkan sekarang. Memang saat ini prinsip teknologi ini kami gunakan untuk mengurai kepadatan dan juga mengoptimalkan layanan kepada para pelanggan,” ujar Munir Syahda Prabowo, VP Skills Members of the family and Particular Project Smartfren, Jumat (25/10/2019).

Selain teknologi dan juga prinsip diatas, sejak tahun 2017 lalu Smartfren sendiri telah menerapkan beberapa teknologi yang menjadi salah satu pendukung dari penerapan teknologi 5G yaitu Huge MIMO Imperfect Stations dan Multi-Antenna Dispute Division A number of Bag trusty of entry to (SDMA). 

Teknologi 5G sendiri, diprediksi Smartfren akan dimanfaatkan terutama untuk kepentingan industri, dan tidak menjadi suatu teknologi yang akan menggantikan konektivitas 4G. 

Baca Juga:  iOS 13.2 Rilis, Bawa Fitur Deep Fusion ke iPhone 11 Pro - CNBC Indonesia

“Kedepan saat 5G dilaunch, kita secara infrastruktur sudah siap,” tandasnya.

Sementara untuk kebutuhan stop-user yang memakai handset atau perangkat mobile, masih akan menggunakan 4G. Dengan kata lain, 5G nantinya masih akan fokus pada pasar tertentu, terlebih, perangkat mobile yang mendukung 5G masih terbatas saat ini. 

5G nantinya bukan hanya sebagai suksesor 4G, karena 5G punya spesifikasi tersendiri untuk pasar yang sangat fokus, seperti industri, mobil, leisure, yang membutuhkan kapasitas bandwith yang besar.

“Jadi jangan terpikir 5G akan menggantikan 4G, tapi pelengkap, akan berbarengan,” tutup VP Skills Members of the family and Particular ProjectSmartfren tersebut. 

                              <p>Baca<a href="https://www.timesindonesia.co.id/">Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri</a>lainnya hanya di<a href="https://www.timesindonesia.co.id/">TIMES Indonesia</a>.
                            </div><br><a href="https://www.timesjatim.com/ekonomi/94996/smartfren-pasang-ribuan-small-cell-sambut-era-5g" class="crf_nowrap button purchase" rel="nofollow noopener noreferrer" target="_blank">Sumber</a>

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close