Olahraga

Setelah 20 Tahun, Balap Mobil Kelas Dunia Kembali ke Indonesia – Kompas.com – Otomotif Kompas.com

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta Panitia Formula E dari FIA seusai konferensi pers Jakarta E-Prix di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019)KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGIGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta Panitia System E dari FIA seusai konferensi pers Jakarta E-Prix di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com– Jakarta telah dipastikan menjadi salah satu kota yang menyelenggarakan Balap System E-Prix pada musim 2020.

- Advertisement -

System E-Prix merupakan salah satu agenda di bawah naungan federasi tertinggi olahraga balap dunia, yaitu FIA(Federation Internationale de Automobile).

Dengan hadirnya seri balap ini, Indonesia kembali dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan event motorsport kelas dunia. Meski begitu, hal ini disebut bukan yang pertama.

Baca Juga:  Juergen Klopp: Gabriel Martinelli Pemain Muda Terbaik Abad Ini - Bolasport.com

Baca juga:Gelar System E di Jakarta, Sebisa Mungkin Tidak Menutup Jalan

- Advertisement -

Pebalap nasional, Sean Gelael menyupiri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam konvoi kendaraan listrik jelang acara pengumuman resmi Jakarta sebagai tuan rumah Formula E, di Monas, Jumat (20/9/2019).Tim Jagonya AyamPebalap nasional, Sean Gelael menyupiri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam konvoi kendaraan listrik jelang acara pengumuman resmi Jakarta sebagai tuan rumah System E, di Monas, Jumat (20/9/2019).

Sadikin Aksa, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI), mengatakan, jika Indonesia sudah menyelenggarakan balap paling bergengsi sejak 1997.

“Akhirnya setelah 20 tahun lebih kita punya FIAeventdi Indonesia. Ini merupakan kebanggaan buat kita, kembalinya kejuaraan bergengsi balap roda empat ke Indonesia,” katanya dipress conventionJakarta E-Prix 2020 (20/9/2019).

Baca Juga:  Vokal Ungkap Anggaran Tak Wajar, PSI DPRD DKI Ditanggapi Menteri hingga Disanjung Masyarakat - Kompas.com - Megapolitan Kompas.com

Menurutnya, balap kelas dunia pertama di Indonesia yaitu GP500 yang sekarang menjadi MotoGP. Kemudian kejuaraan dunia Motocross (MXGP), hingga ajang World Rally Championship.

Baca juga:Mencari Jalur yang Paling Pas buat Sirkuit System E di Jakarta

Pebalap bersaing dalam lomba Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee DelgadoPebalap bersaing dalam lomba System E Racing Championship di Brooklyn, New York Metropolis, 13 Juli 2019.

“Alhamdulilah sekarang kita udah dapet dua, tapi dua-duanya MXGP, di Palembang dan Semarang. Dengan adanya System pada 2020, aim saya dapat tiga balap FIA sudah tercapai,” ujarnya dalam acara yang berlangsung di silang Monas, Jakarta Pusat.

Baca Juga:  Allegri ke MU Semakin Dekat, Duo Juventus Jadi Pembelian Pertama - bolasport.com

Meski terbilang baru, Sadikin mengatakan, balap System E merupakan inisiator dari balap kendaraan bertenaga listrik. Ia memprediksi ke depannya bakal banyak kejuaraan dunia yang menggunakan teknologi ini.

“Kejuaraan ini termasuk paling baru di dunia, di mana balap mobilelektrik adalahthe style forward for motorsport. Bisa dibilang System E merupakan inisiator dari balap elektrik. Olahraga lain mulai mengikuti balap elektrik, tapi System E adalah inisiatornya,” kata Sadikin.

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close