Kesehatan

Selalu Merasa Lapar? Ini Penyebabnya – 1Health


Pernahkah Anda merasa tetap lapar meski sudah mengonsumsi makanan dengan porsi yang cukup? Rasa lapar dan nafsu makan yang tinggi terjadi akibat rangsangan hipotalamus lateral pada otak. Hipotalamus adalah bagian dari otak yang bertanggung jawab memproduksi hormon pengatur suhu tubuh, rasa haus, lapar, tidur, suasana hati, gairah seks, dan pelepasan hormon lain dalam tubuh.

- Advertisement -

Terdapat empat hal yang tanpa kita sadari selalu membuat nafsu makan menjadi tinggi dan terus merasa lapar.

1. AC (air conditioner)
Manusia cenderung makan lebih banyak pada saat suhu udara dingin. Penyebabnya adalah penggunaan pendingin udara atau air conditioner (AC) yang memberikan rasa sejuk dan dingin, ikut memengaruhi tubuh untuk terus mengonsumsi makanan. Anda bisa mencoba pointers untuk mematikan AC dan membuka jendela ruangan kerja atau rumah Anda, agar mendapatkan udara yang lebih segar, sehingga rangsangan untuk lapar menjadi berkurang.

Baca Juga:  Tips Agar Selalu Dapat Poin Plus di Solo Ranked Free Fire! - Gamedaim.com

2. Suplemen
Beragam suplemen tubuh dapat memengaruhi seseorang dengan cara yang berbeda dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Beragam suplemen weight reduction program dan herbal yang banyak dijual di toko juga telah terbukti dapat meningkatkan nafsu makan. Pastikan untuk selalu mengontrol suplemen yang Anda konsumsi dan periksakan diri ke dokter untuk mengetahui jumlah tepat suplemen yang Anda konsumsi.

- Advertisement -

3. Pola olahraga
Setelah selesai berolahraga manusia cenderung akan mengganti kalori yang hilang pada tubuh dengan beragam makanan. Jika Anda berolahraga sekitar tiga minggu sekali, dan membuat nafsu makan menjadi tinggi, Anda perlu lebih waspada. Karena setelah membakar kalori dan memasukkan kembali kalori dalam jumlah yang berlebih, ini tentu tidak sehat. Pilihlah jenis makanan sehat yang Anda konsumsi setelah olahraga. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi untuk mengetahui jenis makanan yang tepat untuk mengganti kalori setelah berolahraga.

Baca Juga:  Selalu Kalah Di Final, Ahsan: Marcus/Kevin Masih Yang Terbaik di Dunia - Jawa Pos

4. Obat antidepresi
Obat khusus untuk orang yang sedang mengalami gangguan depresi ternyata juga bisa meningkatkan nafsu makan. Jika tidak digunakan dengan tepat, obat antidepresi perlahan akan membuat nafsu makan menjadi tinggi, sehingga berat badan pun bisa terus naik dan menyebabkan obesitas.

Article By Rianti Fajar

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close