Beranda » Berita Terkini » Selain Menarik RUU Ekstradisi, Ini Langkah Pemimpin Hong Kong Redam Krisis – Kompas.com – Internasional Kompas.com

Selain Menarik RUU Ekstradisi, Ini Langkah Pemimpin Hong Kong Redam Krisis – Kompas.com – Internasional Kompas.com

by Aldy Putra
1 views
Selain Menarik RUU Ekstradisi, Ini Langkah Pemimpin Hong Kong Redam Krisis – Kompas.com – Internasional Kompas.com

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam mengadakan konferensi pers di Hong Kong, China, Selasa (3/9/2019).ANTARA FOTO/REUTERS/Kai Pfaffenbach.Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam mengadakan konferensi pers di Hong Kong, China, Selasa (3/9/2019).

HONG KONG, KOMPAS.com– Pemimpin Hong KongCarrie Lam sudah mengumumkan bakal menarik RUU Ekstradisiyang menjadi penyebab krisisserius dalam tiga bulan terakhir.

“Secara formal, pemerintah bakal mencabut rancangan itu demi memulihkan ketertiban publik,” ujar Lam dalam rekaman video yang dirilis oleh kantornya.

Baca Juga:  Selain Kebal Ganjil Genap, Cas Mobil Listrik Tak Perlu Bayar - CNN Indonesia

Pernyataan yang disampaikan Lam jelas menjadi berita besar. Pasalnya, selama ini Lam baru menyatakan RUU Ekstradisi itu “sudah mati”. Tapi dia tak pernah menariknya.

Baca juga:Hong Kong Putuskan Cabut RUU Ekstradisi yang Kontroversial, tapi…

DilansirAFPRabu (4/9/2019), oposisi Hong Kong pun khawatir berbekal ucapan itu, pemerintahannya bakal mengaktifkan kembali pembahasan peraturan itu jika krisis mereda.

Dalam pernyataan dengan nada yang mengajak rekonsiliasi, Lam juga menerapkan kebijakan lain untuk meredam pergerakan yang sudah berlangsung sejak Juni itu.

Baca Juga:  Layanan Anti-Cheater Kaspersky Bisa Mendeteksi Pemain Curang di Game - Kompas.com - Tekno Kompas.com

Dia mengimbau kepada demonstran menanggalkan kekerasan, dan memilih dialog dengan pemerintah. “Mari ganti konflik dengan dialog, dan cari solusinya,” katanya.

Pemimpin berusia 62 tahun itu berjanji pemerintahannya akan mematuhi laporan rekomendasi yang dibuat oleh Dewan Keluhan Polisi Independen (IPCC).

Dia menegaskan mulai bulan ini, dia dan jajarannya bakal turun langsung untuk berdialog dengan massa. “Kami harus menemukan cara menangani keluhan dan mencari solusinya,” lanjutnya dikutipReuters.

Penarikan RUU Ekstradisi itu merupakan satu dari lima tuntutan utama pengunjuk rasa yang turun ke jalan, dan memberikan tantangan besar bagi China.

Baca Juga:  Pamer Belahan Dada, Wanita Ini Kampanye Peduli Kanker Payudara - Tempo.co

Dia mengumumkan rencana untuk menggelar dialog supaya masyarakat bisa membagikan pandangan dan menyuarakan keluhan mereka selama pertemuan berlangsung.

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More