Kesehatan

Selain Alpukat, Ini 4 Jenis Buah yang Bantu Kontrol Kolesterol Tinggi – Mobile Akurat


AKURAT.CO Kadar kolesterol perlu untuk dikontrol agar tidak memanggil penyakit kronik lainnya seperti stroke hingga penyakit jantung. Dilansir dari NDTV, ada beberapa buah yang bisa membantu dalam mengontrol kadar kolesterol.

- Advertisement -

Apa saja? Yuk simak lebih lanjut !

Alpukat

baca juga:

Alpukat sangat dianjurkan untuk pasien tekanan darah tinggi. Buahberkulit hijau ini sumber antioksidan yang kaya seperti vitamin K, C, B5, B6, E dan lemak tak jenuh tunggal, yang membantu menjaga jantung tetap sehat dan mengurangi risiko stroke. Selain itu, alpukat juga dapat mengatur kadar kolesterol LDL, HDL, serta trigliserida darah.

- Advertisement -

Tomat

Baca Juga:  Bukan Sekedar Hiasan, 8 Jenis Bunga Cantik Ini Ternyata Ampuh Usir Nyamuk - Tribunnews

Tomat termasuk golongan buah kaya vitamin A, B, K dan C, yang bagus untuk mata, kulit dan jantung. Tomat juga kaya kalium yang bagus untuk kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol, tekanan darah dan risiko stroke.

Apel

Apel adalah buah yang sangat terkenal bermanfaat untuk kulit dan pencernaan. Ternyata apel juga bisa membantu mengatur kadar kolesterol. Menurut buku Healing Meals, kandungan serat pektin dalam apel membantu mengurangi kadar kolesterol LDL dan memperlambat oksidasi.

Baca Juga:  Garuk Bekas Gigitan Nyamuk, Pria di Tiongkok Nyaris Meninggal - Liputan6.com

Seperti yang diketahui 2 hal itu merupakan faktor risiko atherosclerosis dengan tanda-tanda arteri mengeras. Selain itu, kandungan polifenol juga menjaga kesehatan jantung dan mencegah radikal bebas yang menyebabkan kerusakan otot jantung serta pembuluh darah.

Jeruk

Golongan buah jeruk seperti lemon, jeruk nipis dan jeruk bali juga bisa mengontrol kadar kolesterol jahat yang tinggi. Karena, buah jeruk mengandung hesperidin yang bisa mengurangi gejala hipertensi, senyawa pektin (serat) dan limonoid.

Selain itu, jeruk juga memperlambat aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah) dan mengurangi kolesterol LDL di darah. Bahkan kandungan flavon antioksidan bisa menurunkan risiko stroke pada wanita.

Baca Juga:  IAC Minta Menkes Audit Program AIDS. Ini Alasannya... - GoNews

Pepaya

Pepaya sebagai buah kaya serat dapat membantu mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu buah pepaya memiliki sekitar 13 hingga 14 gram serat, yang merupakan jumlah layak. Karena, serat juga memastikan pencernaan lebih lancar, menambah kotoran ke tinja dan melancarkan buang air besar.

Baca Selengkapnya>>>

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close