Teknologi

Samsung Pede Teknologi Kamera Selfie Bawah Layar Meluncur Awal 2020 – MalangTODAY


JawaPos.com –Perusahaan smartphone maupun tablet saat ini terobsesi untuk mencapai layar dengan rasio layar ke bodi sangat tinggi. Kalau bisa malahan sampai 100 persen pada produk mereka. Sayangnya, ambisi tersebut terhalang oleh hadirnya kamera selfie yang membuat perusahaan mesti putar otak.

- Advertisement -

Sejumlah upaya telah dilakukan, misalnya dengan melubangi layar hingga membuat mekanisme naik dan turun atau pop-up digital camera. Namun, tampaknya ambisi para produsen smartphone masih terus berlanjut dengan membuat kamera selfie berada di bawah layar atau below bid digital camera (UDC).

Soal UDC, sebagaimana dilansir dari AndroidAuthority, Senin (28/10), Samsung, salah satu produsen smartphone, juga teknologi layar lainnya pede bahwa UDC dapat meluncur awal 2020 mendatang. Sebuah laporan mengungkapkan bahwa Samsung sudah mempersiapkan teknologi untuk produksi massal layar yang mendukung teknologi UDC.

Situs net media Korea Selatan, The Elec, melaporkan bahwa UDC rancangan Samsung akan hadir di smartphone pada paruh pertama 2020. Divisi layar Samsung dikabarkan telah membawa dua peralatan ke pusat risetnya, HIAA1 dan HIAA2.

- Advertisement -

Istilah HIAA adalah singkatan dari Hole In Energetic Dwelling yang kabarnya membantu Samsung untuk memotong tampilan pada OLED untuk kamera. Samsung dilaporkan sedang menguji peralatan HIAA1 untuk layar berlubang standar sementara HIAA2 akan digunakan untuk teknologi Under Level to Digicam.

Baca Juga:  Mengintip Lima Fitur Baru WhatsApp yang Segera Meluncur - Suara.com

Sementara HIAA1 dibawa ke pusat riset Samsung pada Agustus, HIAA2 dibawa ke fasilitas pengembangan bulan ini. Produksi massal panel OLED UDC diperkirakan akan dimulai sekitar kuartal satu 2020.

Bagaimana Teknologi Samsung Under Level to Digicam Bekerja?

Elec melaporkan bahwa Samsung akan menggunakan peralatan HIAA2 untuk membuat tampilan transparan untuk tempat UDC. Peralatan tersebut dilengkapi dengan laser untuk mengebor sejumlah lubang kecil di layar, juga meningkatkan transmisi cahaya ke kamera di bawahnya. Prosesnya disebut Laser Etching.

Baca Juga:  Huawei Nova 6 Lolos Sertifikasi, Bawa Fast Charging 40 W! - Hitekno.com - hitekno.com

Tim riset dan pengembangan Samsung saat ini fokus pada pengurangan ukuran dan jumlah piksel di discipline itu dan meningkatkan transparansi serta permeabilitas substrat. Substrat OLED saat ini tidak transparan dan berwarna kuning.

Setelah menguji HIAA2 bulan ini, Samsung Level to dilaporkan akan mengirimkannya ke fasilitas produksi massal awal tahun depan. Smartphone Under Level to Digicam besutan Samsung diharapkan dapat melenggang paruh pertama 2020.

Namun begitu, Samsung memiliki banyak tantangan untuk menyempurnakan teknologi tersebut. Selain membuat discipline spesifik layar OLED transparan untuk kamera di bawahnya, perusahaan juga harus bekerja pada algoritma untuk secara efektif menyeimbangkan cahaya kuning dan sedikit kabur dari foto yang diambil dari kamera.

Meskipun ini mungkin memerlukan waktu, teknologi UDC diharapkan akan meningkat pada tahun-tahun mendatang. Seperti sensor sidik jari di bawah layar yang membaik setelah beberapa generasi.

Baca Juga:  AS Dikabarkan Beri Lampu Hijau Google Berdagang dengan Huawei - SINDOnews.com

Samsung kemungkinan besar akan menggunakan teknologi UDC ini pada flagship seri S, mungkin S11. Tetapi dikatakan bahwa teknologi ini lebih cenderung akan diadopsi penerus Galaxy Fold tahun depan.

Samsung bisa menjadi perusahaan smartphone pertama yang merilis smartphone dengan kamera di bawah layar. Namun perlu diingat, kompetitor mereka Oppo, Xiaomi, dan Honor seperti pernah kami beritakan sebelumnya, produsen smartphone Tiongkok itu juga tengah bekerja pada teknologi yang sama.

Oppo, Xiaomi, dan Honor telah mengonfirmasi bahwa mereka sedang mengerjakan smartphone Under Level to Digicam. Bahkan, Xiaomi dan OPPO sama-sama telah memamerkan teknologi mereka beberapa bulan yang lalu.

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close