Bisnis

Rincian Modal dan Cara Buka Usaha Bisnis Sepatu

Masasih.id – Bisnis sepatu sangat banyak kita jumpai di setiap daerah yang ada di kota, biasanya para pembisnis toko sepatu membuka jualannya di pinggir jalan ataupun dijual dengan cara keliling. Banyak orang yang mulai membuka usaha toko sepatu ini, alasannya adalah sepatu merupakan salah satu kebutuhan manusia yang diperuntukkan sebagai alas kaki untuk beraktivitas.

Jenis-jenis sepatu juga sangat beragam mulai dari sepatu olahraga, sepatu bekerja, dan sepatu khusus rekreasi atau jalan-jalan. Oleh sebab itu, kebutuhan akan sepatu ini sangat diperlukan setiap orang mengingat aktivitasnya yang beragam dan membutuhkan sepatu yang sesuai.

- Advertisement -

Setiap orang pasti memiliki sepatu lebih dari satu, selain itu dapat kita lihat dipusat perbelanjaan atau toko-toko sepatu yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat. ini artinya kesempatan bagi anda untuk mengambil peluang dengan berbisnis sepatu.

CARA BUKA USAHA BISNIS SEPATU

Untuk memulai bisnis sepatu ini sangat sederhana yang pasti jangan dijadikan beban ataupun kendala, terus berpikir positif bahasanya Anda yakin dan mapu untuk melakukannya karena dalam sistem bisnis harus cepat bergerak dan mengambil peluang.

- Advertisement -

Sebelum anda memulai membuka usaha toko sepatu baiknya anda memahami dulu teknik ataupun cara bagaimana supaya barang-barang yang sudah tersedia bisa cepat laris di pasaran.

Sebenarnya ada beberapa hal untuk memulai usaha sepatu ini yaitu menggunakan sistem langsung maupun tidak langsung. Namun langkah pertama yang harus Anda persiapkan adalah yakni mncari toko sepatu yang bisa diajak kerjasama, dan mampu memberikan harga khusus yang lebih murah, karena masalah harga harus dipikirkan juga sebab itu menyangkut keuntungan yang akan anda dapatkan nantinya.

Sebelum anda membuka pastikan anda sudah paham seluk beluk tentang sistem pemasaran sepatu, jenis-jenis sepatu yang sangat diminati oleh banyak orang, sediakan berbagai macam sepatu baik itu sepatu khusus anak-anak, remaja dan orang dewasa.

Baca Juga:  Banyak yang Tak Tahu, Ini Koleksi Mobil BJ Habibie - Liputan6.com

Tak perlu mensuplay banyak sepatu dalam satu jenis akan tetapi alangkah baiknya jika anda bisa menjual berbagai macam jenis sepatu walaupun dengan jumlah yang sedikit.

BERIKUT KONSEP STRATEGI MEMULAI BISNIS SEPATU

  • Inilah konsep atau strategi untuk memulai usaha bisnis sepatu yang perlu anda ketahui:
  • Lakukan pemahaman tentang seluk beluk pemasaran sepatu dan jenis sepatu yang banyak diminati.
  • Lakukan kerjasama dengan toko pusat agar harga lebih murah.
  • Siapkan tempat untuk menjual sepatu seperti toko ataupun rumah sendiri.
  • Ambil keuntungan jangan terlalu besar lebih baik sedang tetapi lancar dan banyak transaksi.
  • Melakukan promosi baik secara langsung seperti pembuatan banner dan launching toko. serta promosi tidak langsung yakni dengan memanfaatkan sosial media dan media massa.
  • Perhatikan kualitas sepatu yang akan dijual.
  • Tanamkan sikap jujur terhadap pembeli. Bila sepatu tersebut kualitasnya sedang, maka sampaikan saja dengan jujur. banyak pembisni toko sepatu dan lainnya gulung tikar karena tidak jujur. 
  • Fokus dan konsisten agar terus melakukan pengembangan dan strategi yang lebih baik agar cepat laris.
  • Berikan pelayanan yang baik terhadap pembeli yang datang dan selalu ceria.

BERIKUT RINCIAN MODAL USAHA BISNIS SEPATU

Tak bisa di pungkiri bahwa setiap usaha untuk bisnis pasti membutuhkan modal yang cukup. Sangat mustahil apabila setiap bisnis yang kita kerjakan tidak membutuhkan modal. Jenis modal disini bukan hanya sekedar materi saja tetapi modal waktu, tenaga, dan fikiran.

Termasuk jika anda ingin membuka usaha bisnis toko sepatu ini, yang paling terlihat adalah seberapa besar modal yang akan dikeluarkan. Agar anda lebih mudah memahami rincin modal buka usaha toko sepatu, maka berikut ini kami sampaikan informasinya:

Baca Juga:  Honda Vario, Yamaha NMAX Dan Suzuki GSX Seken, Tengok Harganya - Otomotifnet

1. Modal Produksi Sepatu Sendiri.

Jika anda ingin memulai usaha sepatu dengan memproduksi langsung dimulai dari sistem pengerjaan sendiri dari kerangka desain, tekhnik penjahitan, sampai menjadi sebuah sepatu yang siap pakai.
Kami berikan contoh modal yang terkecil sekitar 5-10 Juta, Meliputi:

  • Modal untuk membeli perlengkapan terkecil seperti pensil desain, kertas atau buku, alat kaki tiga, pisau cutter, tang catut khusus, sejenis lem sepatu, alat bantu palu dan gunting, pewarna cat, tinta jenis perak, dan lain-lain.
  • Modal untuk biaya membeli perlengkapan bahan-bahan baku sebagai pelengkap diantaranya macam-macam benang untuk menjahit, sejumlah kain lapis bahan sepatu, kulit, alat sol, amplas dan sebagainya.
  • Biaya untuk modal membeli alat mesin sepatu khusus dan mesin amplas untuk penghalusnya.
  • Biaya untuk iklan/promosi seperti pembuatan logo atau brand, biaya membuat katalog, poster, dan promosi di media massa. Selain itu, biaya untuk model ambassadors (Bintang Iklan).

2. Modal Reseller Buka Toko Sepatu.

Untuk modal jadi reseller sangat terjangkau artinya anda tak perlu terbebani, sebab menjadi reseller tak mesti harus sedia uang lebih awal. Perhatikan rincian modal jadi reseller berikut:

  • Jalin kerjasama dengan toko pusat sepatu yang siap melayani kemitraan jadi agen reseller.
  • Siapkan modal untuk sewa toko saja, untuk masalah produk bisa langsung suplay dari toko pusat setelah dilakukan kerjasama.
  • Siapkan biaya promosi untuk memperkenalkan toko anda.

KEUNTUNGAN MEMBUKA BISNIS TOKO SEPATU

Berbicara keuntungan dari bisnis ini, untuk lebih jelasnya lihat informasi berikut:

  • Keuntungan jika anda membuka usaha toko sepatu dengan cara produksi sendari diri, maka nilai keungan akan jauh lebih besar dari reseller. Namun keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Produksi sepatu sendiri hasilnya bisa lebih meningkat apalagi jika banyak toko sepatu lain yang melakukan pemesanan rutin sebagai pelanggan anda. selain itu, barang yang dipasarkan bisa lebih banyak karena lebih fokus mensuplay ke toko-toko.
  • Keuntungan jadi reseller, anda ibaratkan hanya modal biaya sewa toko dan menjajakan sepatu sudah dipastikan keuntungan yang didapatkan hanya dari permainan harga. Misalkan anda menjual sepatu dengan modal Rp25.000 kemudian dijual dengan harga Rp.50.000, maka untung yang didapat Rp25.000. jika konsisten dalam sehari mampu menjual sepatu sebanyak 10 biji maka penghasilan anda dalam sebulan yakni Rp7.500.000. anda hanya membuka toko atau memenafaatkan rumah anda sendiri, bayangkan saja jika sehari mampu menjual 50 biji sepatu, hitung saja berapa sebulannya.
Baca Juga:  Kerajaan Bisnis yang Bikin Cristiano Ronaldo Berstatus Muda dan Kaya Raya - Bola.net

Intinya adalah membuka usaha sepatu baik produksi sendiri maupun jadi agen reseller memiliki keuntungnya masing-masing. Namun kelebihan lain dari jadi reseller bebas waktu dan fikiran karena hanya fokus untuk menjual barang tapi tidak membuat atau memproduksi. Tinggal menghitung berapa sepatu yang laku dan keuntungannya saja.

Penting anda renungkan adalah terus menciptakan strategi baru dalam memasarkannya. Agar lebih cepat sebaiknya anda juga pasang penjualan melalui online, karena zaman sekarang ini yang sudah canggih banyak orang membeli produk barang melalui sistem online dengan jumlah yang besar. Oke, mulai sekarang selamat mencoba, semoga bermafaat.

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close