Teknologi

Puluhan Juta Akun Influencer YouTube Diretas, Pakai Google Tiruan – VIVA – VIVA.co.id


Warta Ekonomi.co.id, Surakarta– Sebanyak 23 juta akun YouTube dengan banyak pelanggan telah menjadi korban peretasan. Ada saluran yang membahas sport, musik, otomotif, hingga gawai.

- Advertisement -

Kebocoran files itu terungkap lewat investigasi olehZDNet. Reporter dari media itu memperoleh informasi dari anggota komunitas net yang punya rekam jejak baik dalam menjual akses ke akun yang sudah diretas.

Baca Juga:  Puluhan Juta Data Penumpang Bocor, Lion Air Group Beri Penjelasan - Jawa Pos

“Peretas mengirim surat-el ke pemilik saluran YouTube (influencer), mereka diminta masuk ke laman Google tiruan yang menjadi akses memperoleh files penting parainfluencer, diambil alih, lalu dijual ke pemilik baru,” jelas sang ReporterZDNet, Catalin Cimpanu, dilansir Rabu (25/9/2019).

Nantinya, alamat saluran akan berubah, membuat pemilik lamanya mengira akun mereka dihapus oleh Google. Parahnya, sejumlah akun yang diretas telah menerapkan dua faktor otentikasi (2FA) demi melindungi akun.

- Advertisement -

Sayangnya, pihak YouTube mengaku tidak mengidentifikasi adanya peretasan terhadap 23 juta akun YouTube ini.

Baca Juga:  Tutup Divisi CPU AS, Samsung Tak Pakai Chipset Exynos Lagi? - CNBC Indonesia

“Kami sangat menjaga keamanan akun pengguna. Kami mengimbau pemilik akun menggunakan 2FA sebagai bagian dari keamanan ganda,” papar juru bicara YouTube.

Para peretas itu menggunakan perangkat pembalik proxy berupa paket phishing Modiishka yang terkenal guna menembus pertahanan 2FA. Paket itu memblokir 2FA agar tak mengirimkan SMS otentikasi ke pengguna.

Baca Juga:  Game Mario Kart Tour Resmi Meluncur di iOS dan Android : Okezone techno - Okezone

Lihat artikel asli


www.wartaekonomi.co.id

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close