Berita Terkini

[POPULER INTERNASIONAL] Situasi Hong Kong Memanas | Pasukan Paramiliter China Berlatih di Perbatasan Hong Kong – Kompas.com – Internasional Kompas.com


KOMPAS.com– Tuntutan reformasi demokrasi yang diserukan oleh masyarakat anti-pemerintah di Hong Kongbenar-benar membuat kota semi-otonom itu berada dalam situasi panas.

Betapa tidak. Sejak awal pekan, santer terdengar rumor bahwa Chinaberniat mengintervensi demoyang terjadi dengan kehadiran personel dan kendaraan lapis baja.

Loading...

Polisi Bersenjata Rakyat (PAP) yang merupakan pasukan paramiliter di Negeri “Panda” melakukan latihan di kota Shenzhen yang berbatasan dengan Hong Kong.

Segala situasi tentang Hong Kong masuk ke dalam kabar populer internasional yang terjadi sepanjang Kamis (15/8/2019) hingga Jumat pagi (16/8/2019).

1. Citra Satelit Tunjukkan Barisan Truk Pengangkut Pasukan di Perbatasan Hong Kong
Sebuah citra satelit menunjukkan adanya barisan truk yang memperkuat klaim bahwa China tengah menyiagakan pasukan di perbatasan Hong Kong.

Terdapat dua foto yang menunjukkan sekitar 120 truk tentara atau polisi di stadion kota Shenzhen, di tengah gejolak yang sedang melanda Hong Kong.

Baca Juga:  Ponsel Layar "Tekuk Tengah" Motorola Razr Meluncur, Harga Rp 21 Juta - Kompas.com - Tekno Kompas.com

Citra satelit di Stadion Shenzhen Bay diambil pada 12 Agustus oleh Maxar, perusahaan teknologi luar angkasa yang bermarkas di Amerika Serikat (AS).

Gambar itu muncul setelah rilisnya video delapan detik yang dikeluarkan oleh media China. Seperti apa lengkapnya? Anda bisa membacanya disini.

2. Situasi Hong Kong Memanas, Ponsel Warga yang Hendak ke China Daratan Diperiksa
Seiring peningkatan ketegangan yang terjadi di Hong Kong, dengan gerakan demonstrasi yang semakin kerap diwarnai bentrokan, pemeriksaan di perbatasan dengan China daratan semakin diperketat.

Warga Hong Kong yang mencoba melintasi perbatasan ke China daratan mengatakan bahwa mereka telah diminta untuk menunjukkan ponsel mereka agar petugas dapat memeriksa foto dan video yang berkaitan dengan aksi demonstrasi di Hong Kong.

Baca Juga:  Apple Luncurkan MacBook Pro 16 Inci - Kompas.com - Tekno Kompas.com

Otoritas China daratan juga disebut memeriksa pesan pribadi dalam ponsel mereka di titik-titik kontrol antara Hong Kong dan kota Shenzhen di daratan China.

Terdapat kisah dan keluhan yang dilontarkan oleh orang-orang yang hendak memasuki China. Bagaimana kisah mereka, Anda bisa menyimaknya disini.

3. “Jika Situasi Hong Kong Memburuk, China Tidak Akan Diam dan Duduk Manis”
Duta Besar China untuk Inggris mengatakan, negaranya tidak akan sekadar menonton dan bakal berbuat sesuatu ketika situasi di Hong Kong semakin memanas.

Dalam konferensi pers, Liu Xiamong menyatakan mereka mempunyai cukup solusi dan kekuatan untuk meredam demo yang awalnya menentang UU Ekstradisi itu.

Pernyataannya terjadi setelah berbagai munculnya gambar serta video yang memperlihatkan pasukan paramiliter China melakukan parade dan latihan di Shenzhen.

Baca Juga:  Banyumas Siaga Demam Berdarah - Republika Online

Apa lagi yang dikatakan oleh Liu menanggapi rumor kemungkinan China daratan terjun langsung ke Hong Kong? Silakan Anda simak dan nikmati disini.

4. Terungkap, yang Dikerahkan ke Perbatasan Hong Kong adalah Pasukan Paramiliter China
China disebut mengerahkan pasukan paramiliter ke perbatasan Hong Kong di tengah demo intens yang berlangsung dua bulan terakhir ini.

Berdasarkan seragam yang dipakai, personel itu adalah Polisi Bersenjata Rakyat China (PAP), organisasi paramiliter dengan anggota mencapai 1,5 juta orang.

Kehadiran mereka di seberang teluk Hong Kong terjadi di tengah spekulasi bahwa Negeri “Panda” bisa memberangkatkan kekuatan besar untuk meredam krisis.

Seperti apa laporan lengkap mengenai kehadiran pasukan paramiliter China di sana dapat Anda baca seutuhnya di tautanini.

Sumber

Tags
Loading...

Related Articles

Back to top button
Close