Beranda » Teknologi » Ponselnya Disebut Merosot di Indonesia, Ini Kata Xiaomi – Kompas.com – Tekno Kompas.com

Ponselnya Disebut Merosot di Indonesia, Ini Kata Xiaomi – Kompas.com – Tekno Kompas.com

by Andi
0 views
Ponselnya Disebut Merosot di Indonesia, Ini Kata Xiaomi – Kompas.com – Tekno Kompas.com


JAKARTA, KOMPAS.com –Beberapa lembaga riset pasarmengungkapkan penurunan pangsa pasarsmartphoneXiaomipada kuartal II-2019 di Indonesia. IDC misalnya, menyebutmarket fragmentponselXiaomi merosot dari 25 persen di 2018 menjadi 16,8 persen.

Demikian juga dengan Canalys yang menyebutkan Xiaomi mengalami pertumbuhan YoY minus 9 persen di Indonesia. Soal ini, Xiaomi tidak membenarkan maupun menyanggah laporan dari dua lembaga riset pasar tersebut.

Baca juga:IDC: Realme Masuk Lima Besar di Indonesia karena Xiaomi

Baca Juga:  Ini Hasil Foto Realme X2 Pro - Selular.ID

“Kami tidak mau mengomentari cara periset karena mereka memiliki justifikasinya masing-masing,” ujar seorang juru bicara Xiaomi Indonesia saat ditemui awak media dalam acara Konferensi Pengembang Xiaomi (MIDC) di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Sang juru bicara yang tak mau disebutkan namanya itu menyebutkan bahwa, dalam beberapa kuartal terakhir, Xiaomi memang tengah melakukan perubahan interior untuk menentukan langkah bisnis.

Namun, pihak Xiaomi enggan menjelaskan lebih detail perubahan apa persisnya yang akan dilakukan dan apakah hal itu hanya berlaku di Indonesia atau secara international.

Baca Juga:  Tol Layang Jakarta-Cikampek Beroperasi Penuh 2020 - Kompas.com - Properti Kompas.com

“Intinya, semuanya untuk meningkatkan efisiensi dan ujung-ujungnya membawa produk lebih banyak lagi,” sambung sang juru bicara Xiaomi.

Baca juga:Mengamati Pergeseran Pasar Smartphone Indonesia di 2019

Menurut analis IDC Hazardous Febrian, selain adanya perubahan bisnis, penurunan kinerja ponsel Xiaomi di pasaran Indonesia juga dipengaruhi beberapa faktor lain.

Misalnya, kurang ketatnya Xiaomi dalam mengontrol harga terhadap produk populernya, seperti Redmi Screen 7. Mi Followers juga mengeluhkan produk-produk tersebut sulit ditemui di geraioffline.

Agak berbeda dengan IDC dan Canalys, firma riset pasar lain, Counterpoint Learn, justru menyebut pangsa pasar Xiaomi di Indonesia naik dari 19 persen pada kuartal kedua 2018 menjadi 21 persen pada periode yang sama tahun ini.

Baca Juga:  Baru Sehari Rilis, Mario Kart Tour Diunduh 20 juta kali - SINDOnews.com

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More