Bisnis

Pertamina Temukan Potensi Cadangan Minyak Baru di Blok Siak – Katadata News


Pertamina Hulu Energi (PHE) menemukan indikasicadangan minyak dari pengeboraneksplorasidi sumur Kotalama-3 Blok Siak yang terletak di Riau. Penemuan cadangan tersebut berada di titik kedalaman 692 kaki.

- Advertisement -

Overall Manager PHE Siak Rizaldi Winant menjelaskan serbuk bor dan hasil perekamanwireline loggingpada sumur eksplorasi Kotalama-3 yang mulai dibor pada 3 Oktober lalu mengindikasikan adanya cadangan minyak pada batupasir Formasi Bangko. 

“Saat ini sedang dilakukan pemasangancasingyang akan dilanjutkan dengan komplesi untuk mengetahui laju alir produksi minyak”, Kata Rizaldi kepada Katadata.co.identity, Kamis (10/10).

Baca Juga:  Minat Kerja di BRI, Cek Lowongan Kerja Terbarunya di Sini - Liputan6.com

Selanjutnya PHE bakal melaksanakan serangkaian tes untuk membuktikan potensi cadangan minyak di sumur tersebut. “Jika cadangan minyak terbukti, maka ini adalah penemuan pertama sumur eksplorasi bagi PHE pada 2019”, katanya. 

- Advertisement -

(Baca:Potensi Gasoline Blok Mahakam 10 TCF, SKK Migas Nilai Masih Ada Harapan)

Sumur Ekslorasi Kotalama-3 berada di Kecamatan Kuntodarussalam yang sama dengan lokasi Sumur Kumis-2 yang dibor setahun sebelumnya. Kedua sumur tersebut rencananya  siap diproduksikan (Obtain On Productions /POP) pada tahun 2020 dengan perkiraan total cadangan 3 MMBO.

Jika sudah diproduksikan, kedua sumur ini setidaknya dapat menyumbang produksi minyak PHE sebesar 200 BOPD. “Bagi PHE Siak, hal ini merupakan kabar baik karena dalam dua tahun berturut-turut menemukan cadangan minyak baru, meskipun Blok Siak merupakan lapangan tua,”  kata Rizaldi.

Baca Juga:  Mandiri dan BNI Bantah Bakal Suntik Modal ke Muamalat - CNBC Indonesia

PHE Siak mengelola Blok Siak sejak bulan Mei 2014 dengan skemaprice restoration.Blok tersebut sebelumnya dikelola oleh Chevron Pacific Indonesia (CPI). Saat ini terdapat tiga lapangan aktif di Blok Siak, yaitu Lindai, Batang dan Manggala South.

Penemuan cadangan minyak dan gasoline merupakan berita baik bagi Indonesia. Sebab,cadangan minyak terbukti Indonesia menunjukkan tren penurunan dari tahun ke tahun.

Baca Juga:  Pilihan Moge Murah 400 cc, Harga Mulai Rp 70 Jutaan - Kompas.com - Otomotif Kompas.com

Berdasarkan data BP, cadangan minyak Indonesia pada 1980 mencapai 11,6 miliar barel. Namun pada 2017 tinggal 3,17 miliar barel. Angka tersebut di bawah Malaysia (3,6 miliar barel) maupun Vietnam (4,4 miliar barel). Selengkapnya seperti tercantum dalam grafikDataboksberikut ini :

Reporter: Verda Nano Setiawan

Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan electronic mail yang lainnya.

Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi

Video Pilihan

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close