Teknologi

Perangkat USB 4 Mulai Hadir Tahun Depan, Kecepatan Dua Kali USB 3.2 – Kompas.com – Tekno Kompas.com


KOMPAS.comUSBImplementers Forum (USB-IF), baru saja menyelesaikan rancangan sistem USB 4yang bakal memiliki kecepatan transfer details sangat tinggi. Meski spesifikasinya sudah rampung, USB4 diprediksi baru akan dapat diimplementasikan pada 2020 mendatang.

- Advertisement -

Menurut USB-IF, USB 4 menjanjikan kecepatan transfer details dua kali lebih cepat dari USB 3.2dengan angka mencapai 20 hingga 40 Gbps.

Kemampuan transfer details big cepat ini diperoleh karena USB 4 dibuat dengan menggunakan foundation Thunderbolt3, setelah Intel memberikan akses teknologi Thunderbolt tersebut kepada USB Promoter Group.

Baca Juga:  Mengenal Bionic A13, 'Otak' dari iPhone 11 - CNN Indonesia

Baca juga:Alasan Samsung Ganti Jack Audio 3,5 mm dengan USB C di Galaxy A80

- Advertisement -

Nantinya kemampuan USB 4 akan dapat dimanfaatkan untuk pekerjaan yang membutuhkan kecepatan details tinggi seperti menghubungkan dua video display 4K sekaligus.

Kendati demikian, USB-IF menilai implementasi USB4 belum akan terjadi dalam waktu dekat. Produk-produk yang menggunakan USB4 diprediksi baru akan memasuki pasar setidaknya awal 2020 mendatang.

Baca Juga:  Nissan Bicara Soal Nasib Juke di Indonesia - Kompas.com - Otomotif Kompas.com

DirangkumKompasTeknodariTech Say, Rabu (4/9/2019), USB-IF pun meramalkan bahwa implementasi USB4 pada perangkat keras sepertimotherboard,casingPC dan computer computer akan membutuhkan waktu relatif lama.

Baca juga:Colokan USB Kind-C Bakal Dibuat Lebih Aman dari Malware

Pasalnya, sampai saat ini masih banyak perangkat yang menggunakan USB 3.0 sebagaiportandalan. Sementara,portUSB 3.2 atau USB-C biasanya hanya disediakan dalam jumlah yang lebih sedikit ketimbang USB 3.0 dalam satu perangkat.

Baca Juga:  Spesifikasi Sony Xperia 5 - IDN Times

USB 4 sendiri akan membawa sejumlah peningkatan yang signifikan ketimbang versi sebelumnya. Selain peningkatan kecepatan transfer, USB 4 akan memiliki kemampuanallegeyang lebih baik. USB 4 juga diperkirakan akan dapat mengalirkan daya hingga 100 watt.

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close