Kesehatan

Pencernaan Sehat Pengaruhi Kecerdasan Anak – VIVA – VIVA.co.id


VIVA – Masalah pencernaan seperti konstipasi atau diare tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Penyakit ini juga kerap terjadi pada anak-anak. Tentunya hal ini akan menganggu untuk aktivitas dan juga kesehatannya.

- Advertisement -

Accomplice Prof of Pediatrics, The Ohio Impart University College of Treatment  Dr. Ryan Carvalho, MD MBA mengatakan, sangat penting bagi orang tua untuk menjaga kesehatan saluranpencernaan anak. Dengan memiliki saluran pencernaan yang sehat, maka penyerapan gizi dan kekebalan tubuh anak akan lebih baik, sehingga anak tidak mudah terkena penyakit.

“Tidak hanya itu, saluran pencernaan yang sehat berpengaruh terhadaptemperdan perkembangan kemampuan kognitif anak. Saluran pencernaan yang sehat dapat mencerna dan menyerap gizi makanan dengan baik, yang membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal,” kata Ryan dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.identity dari Netsle Lactogrow.

Baca Juga:  Biar Kulit Gak Gosong, Hindari Sinar Matahari di Jam Ini - VIVA - VIVA.co.id

Baca juga: Usia Tepat Asah Rasa Peduli Si Kecil

- Advertisement -

Selain itu, pencernaan yang sehat dapat mendukung kesehatan anak karena 80 persen dari sistem kekebalan tubuh terdapat dalam saluran pencernaan. Sistem pencernaan juga berhubungan dengan otak melalui syaraf, endokrin dan antibodi. 

Untuk memastikan kesehatan saluran cerna, sangatlah penting untuk memberikan asupan makanan yang beragam dan mengandung gizi seimbang. Tidak hanya itu, kebiasaan makan sehat harus ditanamkan sejak kecil. Hal ini bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, misalnya melibatkan anak dalam memilih bahan makanan dan memasak makanan sehat di rumah.

Baca Juga:  Tidak Hanya Turunkan Berat Badan dan Tingkatkan Kesehatan Jantung, Ini Manfaat Lain Diet Keto - Tribun Bali

Ryan mengatakan, salah satu jenis pangan fungsional yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan adalah probiotik. Salah satu probiotik yang aman dan teruji secara klinis adalah Lactobacillus reuteri yang bermanfaat membantu dalam pencegahan diare dan konstipasi. Selain itu, Lactobacillus reuteri juga menghasilkan weight reduction program B12 yang dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak.

“Probiotik tidak hanya berperan di dalam saluran cerna saja, tapi juga berperan dalam tumbuh kembang bahkan kebahagiaan anak. Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik dapat membantu peningkatan jumlah bakteri baik di dalam saluran cerna sehingga kesehatan saluran cerna lebih terjaga, membantu penyerapan gizi dan meningkatkan kekebalan tubuh,” kata Ryan

Baca Juga:  Makanan Sehat untuk Kecerdasan Otak Anak, Ini 8 Daftarnya - FAJAR

Pemberian probiotik kepada anak dapat dilakukan melalui makanan seperti tempe atau melalui susu. Susu merupakan salah satu sumber probiotik yang mudah didapat dan dapat dikonsumsi setiap hari oleh anak.

“Susu merupakan salah satu sumber gizi penting yang membantu melengkapi kebutuhan gizi harian anak seperti protein, kalsium dan weight reduction program D,” jelas Dr. Ryan.

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close