Kesehatan

Pelarut Susu, Bayi Membutuhkan Air Minum Murni – Kedaulatan Rakyat


JAKARTA.KRJOGJA.com – Survei Impress Health Tracking mengenai System Bayi dan System Lanjutan (IFFO) yang dilakukan Nielsen menyatakan, bayi memerlukan air minum yang lebih natural dan alami untuk melarutkan susu atau makanan pendamping ASI.

- Advertisement -

Selain alasan tersebut, pencernaan bayi masih lemah dan air minum memiliki peran penting untuk membantu tumbuh kembang bayi. Tumbuh kembang yang optimal diperlukan selama periode 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK).  

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melalui perwakilannWasekjen PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. Fery Rahman, MKM mengatakan, merujuk pada data dari WHO tahun 2003 menyebutkan bahwa kontaminasi makanan (termasuk air minum) oleh agen mikroba adalah salah satu penyebab utama diare pada bayi dan anak kecil. 

Kemudian, panduan WHO tahun 2005 mengenai nutrisi dalam air minum menyatakan bahwa kandungan mineral dari air mineral yang digunakan untuk melarutkan susu atau makanan pendamping ASI, secara signifikan dapat mengubah dan menambahkan kandungan mineral pada susu atau makanan pendamping ASI.

- Advertisement -

Dr. Muliaman Mansyur, Head of Medical Kalbe Nutritionals menjelaskan, dalam konteks melarutkan susu atau makanan pendamping ASI, air demineral atau bebas mineral adalah air yang top digunakan sebagai pelarut susu atau makanan pendamping ASI. “Air bebas mineral tidak akan mengubah kemurnian nutrisi yang terkandung dalam komposisinya,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (21/09/2019).

Baca Juga:  Riset: Makan Malam Telat, Berisiko Diabetes hingga Penyakit Jantung - kumparan.com - kumparan.com

Sedangkan melarutkan susu atau makanan pendamping ASI dengan air mineral, menurut Muliaman, berpotensi meningkatkan kandungan mineralnya sehingga komposisi nutrisinya menjadi tidak sama lagi atau berubah. 

“Dalam konteks air minum sehari-hari, air demineral atau bebas mineral sangat aman karena berbagai kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh, juga dapat kita peroleh dari makanan yang kita konsumsi,” jelas Muliaman.

Baca Juga:  Jarak Rumah dengan Restoran Cepat Saji Pengaruhi Tingkat Obesitas Anak-Anak - Bisnis.com

Menjawab kebutuhan air bebas mineral tersebut, Kalbe Nutritionals dan Morinaga Learn Center yang telah berpengalaman mendukung nutrisi dan kesehatan keluarga selama lebih dari 100 tahun, berinovasi memproduksi Morinaga Heiko Water.

Morinaga Heiko Water adalah air murni yang bebas mineral dan bakteri, steril dan higienis diproses melalui 8 tahapan proses untuk menghasilkan kualitas air murni terbaik. Heiko Water juga telah memenuhi same old BPOM, SNI dan memiliki sertifikat halal LPPOM MUI.

Helly Oktaviana, Senior Community Industry Unit Head For Childhood Nutrition menjelaskan, bekerjasama dengan IDI, Kalbe Nutritionals menggagas kampanye Dukung Kemurnian Nutrisi Anak Sejak Dini melalui pemilihan air yang tepat untuk yang terkasih.

Pemilihan air bebas mineral dan bakteri yang dapat digunakan sebagai pelarut susu atau makanan pendamping ASI, diharapkan mampu melindungi nutrisi makanan anak dengan tidak mengubah komposisi susu dan makanan pendamping ASI yang sudah dibuat sesuai dengan standar BPOM.

Baca Juga:  Simak Manfaat Lain dari Buah Lemon - 1Health

Pemahaman umum dalam menyiapkan susu atau makanan pendamping ASI adalah melarutkannya dengan air (baik air minum dalam kemasan maupun air pipa) dalam keadaaan panas mendidih. Asumsinya, air panas mendidih mampu membunuh kuman, virus dan bakteri. 

“Padahal, air panas mendidih yang dipanaskan terlalu lama, juga bisa meningkatkan kandungan mineral dalam air dan merusak kandungan nutrisi lainnya,” jelas Helly Oktaviana.

Helly menambahkan, sebagai air murni dan steril, Morinaga Heiko Water dapat melindungi nutrisi makanan anak dengan tidak mengubah komposisi serta mudah melarutkan susu atau makanan pendamping ASI, dengan jaminan kualitas. Disamping itu juga praktis untuk dibawa bepergian atau liburan bersama keluarga. (Imd)

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close