Kesehatan

Pecinta Kopi Wajib Tahu, Ini 5 Tips Agar Kopi Lebih Sehat – Suara.com


Suara.com –Kopitelah diketahui sejak lama memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, di antaranya meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan performa otak. Tapi, manfaat di atas hanya berlaku untuk kopi hitam murni, bukan kopi susu, kopi plus krimer, apalagi kopi fancy yang ditambah sirup karamel dan whipped cream.

- Advertisement -

Memang, tak semua orang bisa menerima citarasa kopi murni yang pekat dan pahit. Jika Anda termasuk salah satunya, Anda tetap bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari kopi, tanpa harus mengorbankan kenikmatan menyesap kopi manis dan beraroma. Ini guidelines membuat kopi Anda lebih sehat, seperti dilansir dari Womens Well being.

1. Gunakan perasa alami
Untuk meningkatkan rasa kopi tanpa menambahkan kalori, cobalah menambahkan sedikit ekstrak vanila murni atau taburkan bubuk kayu manis ke dalam cangkir kopi Anda.

Baca Juga:  Penurunan Massa Otot Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung - HARIANACEH.co.id

Kayu manis menawarkan beberapa manfaat kesehatan. “Kayu manis telah terbukti menjaga kadar gula darah tetap stabil,” kata Bonnie Taub-Dix, R.D.N., penulis Read It Sooner than You Use It: Taking You from Tag to Table. Dan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Diabetes Care, kayu manis dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara mendukung peningkatan kolesterol sehat.

- Advertisement -

2. Dibarengi dengan mengonsumsi makanan
Jikaminum kopikerap membuat perut Anda bermasalah, cobalah minum kopi bersamaan dengan makan atau ngemil. “Bagi sebagian orang, minum kopi dengan perut kosong dapat memicu masalah,” kata Taub-Dix.

Baca Juga:  Wajib Tahu! Ini Penjelasan 6 Role Class di Call of Duty: Mobile - INDOSPORT.COM

Makanan dapat membantu melapisi perut Anda dan membantu mengimbangi keasaman kopi. Cara lainnya, Anda bisa menambahkan susu atau krim nabati ke dalam kopi untuk mengurangi dampak pada perut. Pilih juga merek kopi yang tidak terlalu asam.

3. Tambahkan susu yang difortifikasi atau susu kacang
Menambahkan susu yang difortifikasi ataupun susu kacang ke dalam kopi Anda, sama artinya Anda menambahkan nutrisi ke dalam kopi. “Saya menikmati kopi dengan sesuatu yang akan membuatnya lebih bernutrisi, seperti almond milk, sehingga saya tahu saya mendapatkan kalsium dan nutrisi berharga lainnya dari kopi,” kata Taub-Dix.

Caranya, panaskan susu almond tanpa pemanis. Kemudian, tambahkan kopi panas dan taburkan bubuk kayu manis atau bubuk coklat.

Baca Juga:  Viral Kisah Bocah 15 Tahun Idap HIV +, Orang Tua Malu, Kurung Anaknya Hingga Meninggal - Tribun Style

4. Gunakan sebagai minuman sebelum berolahraga
Kopi memang identik sebagai minuman peneman saat santai atau nongkrong di kafe, sambil membaca buku atau ngobrol bersama teman. Tapi, kopi juga bisa jadi penambah energi. “Minum secangkir kopi dapat memberi Anda sedikit dorongan dan energi saat berolahraga,” saran Taub-Dix.

Cobalah buat kreasi minuman olahraga sendiri untuk memicu daya tahan tubuh, yang terbuat dari secangkir kopi, setengah buah pisang, es batu, bayam, dan bubuk kakao.

5. Meminumnya saat masih panas
Menurut Taub-Dix, kopi panas melepaskan lebih banyak antioksidan. Saat kopi menjadi dingin, perlahan kadar antioksidannya juga mulai berkurang.


Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close