Pelatih Asal China Ditunjuk untuk Tangani Timnas Voli Putra Indonesia – Kompas.com – KOMPAS.com

  • Whatsapp
Pelatih Asal China Ditunjuk untuk Tangani Timnas Voli Putra Indonesia – Kompas.com – KOMPAS.com


KOMPAS.com– PP PBVSIakhirnya menunjuk pelatih asal China, Li Qiujiang, sebagai juru taktik timnas bola voliIndoor putra Indonesia untuk SEA Games Filipina 2019.

Li Qiujiang bukan orang baru dalam timnas voli Indonesia. Dia pernah mengarsiteki timnas pada 2007-2011.

Selain itu, Li Qiujiang juga pernah melatih di beberapa klub Tanah Air hingga 2014.

Baca juga:Belum Pernah Juara Dunia, Marcus/Kevin Diminta Kontrol Emosi

Li terkenal dengan kedisplinannya. Saat menjadi pelatih timnas, dia berhasil mengantar timnas bola voli putra Indonesia meraih keping medali emas pada SEA Games 2007 dan 2009.

“Saya sudah pernah tiga kali menjadi pelatih timnas voli Indonesia sehingga sudah mengetahui gambarannnya,” kata Li ditemui BolaSport.com di Padepokan Voli Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (13/8/2019).

Baca Juga:  Pelatih Persib Bandung Robert Alberts Bocorkan Startegi Baru Ini untuk Kembali Jadi Juara - Pos Kupang

“Hal yang membedakan timnas Indonesia dengan Thailand adalah Thailand menjalani pelatnas jangka panjang. Sementara itu, Indonesia setelah SEA Games dipisah dan sebelum Proliga banyak jual beli pemain,” aku Li.

Baca juga:Aprilia Manganang dan Rivan Nurmulki Absen Saat SEA Games 2019?

Meski begitu, Li tetap optimistis Indonesia mampu meraih hasil optimal pada SEA Games 2019.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PP PBVSI Loudry Maspaitella menjelaskan, pemilihan Li sudah dipikirkan matang setelah menemukan ketidakjelasan pelatih asal Korea Selatan yang belum mendapat izin dari Federasi Voli Korsel.

“Tenggat waktu kami sudah lewati batas, tetapi belum ada tanggapan dari Federasi Voli Korsel. Kami pun tidak mengerti sebenarnya apa pertimbangan mereka. Kami memilih Mr Li juga karena dia disegani pemain,” ucap Loudry.

Baca Juga:  Manchester United Bisa Jadi Penantang Juara Premier League, Asal Bisa Menjaga 3 Aspek Ini - Bola.com

“Kami butuh figur pelatih yang disegani untuk membentuk karakter pemain. Jangan sampai pelatih merasa sungkan menegur pemain yang tidak disiplin. Hal ini bisa menjadi contoh tidak baik bagi pemain junior,” kata Loudry.

Baca juga:Subtle Tennis Incar Dua Emas SEA Games

Menurut mantan tosser nasional tersebut, Li Qiujiang sudah memahami gaya permainan pemain Indonesia

“Kami juga butuh sosok pelatih yang memiliki wibawa, berkarakter, supaya ada rasa respek dari pemain dan pelatih,” ucap Loudry.

Sebanyak 18 pemain putri dan 18 pemain tim putra dan rencananya sudah mulai berlatih pada Senin (8/7/2019) di Padepokan Voli Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga:  Scott McTominay Kian Kompak dengan Paul Pogba di Lini Tengah Manchester United - Bola.com

Mayoritas pemain yang dipanggil untuk pelatnas pernah tampil pada Asian Games 2018. Namun, ada beberapa nama baru yang merupakan pemain muda.

Baca juga:Kecewa dengan Drawing Kejuaraan Dunia, Ganda Putra Tetap Optimistis

Pemain putra yang kembali dipanggil masuk dalam timnas bola voli indoor adalah Rendy Febriant Tamamilang, Doni Haryono, Yuda Mardiansyah Putra, Nizar Zulfikar Munawar, Dio Zulfikri, Rivan Nurmulki, Okky Damar Saputra, dan Delly Dwi Putra Heryanto.

SEA Games 2019 rencananya akan digelar 30 November- 11 Desember 2019 di Manila, Filipina.

Pada SEA Games Malaysia 2017, timnas bola voli putra dan timnas bola voli putri sama-sama meraih medali perak setelah dikalahkan Thailand.(Delia Mustikasari)

Sumber

Pos terkait