Beranda » Bisnis » OJK Cabut Izin BPR Fajar Artha Makmur Depok – Kompas.com – KOMPAS.com

OJK Cabut Izin BPR Fajar Artha Makmur Depok – Kompas.com – KOMPAS.com

by Aldy Putra
3 views
OJK Cabut Izin BPR Fajar Artha Makmur Depok – Kompas.com – KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com– Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha untuk PT Monetary institution Perkreditan Rakyat (BPR) Fajar Artha Makmur.

BPR itu terletak di kawasan Depok, dengan alamat lengkap di Ruko Graha Depok Mas Blok A Nomor 21, Jalan Arief Rahman Hakim Nomor 3 Kota Depok, Jawa Barat.

“Sebagai otoritas pengatur dan pengawas lembaga jasa keuangan, OJK mencabut izin usaha PT Monetary institution Perkreditan Rakyat Fajar Artha Makmur,” tulis OJK dalam siaran pers, Senin (11/11/2019).

Baca Juga:  ESDM dan DPR Sepakat Cabut Subsidi Listrik 900 VA di 2020 - CNBC Indonesia

Adapun pencabutan izin usaha tersebut telah ditetapkan melalui Keputusan Anggota Dewan Komisioner (KADK) tentang Pencabutan Izin Usaha PT BPR Fajar Artha Makmur, terhitung sejak tanggal 11 November 2019.

Baca juga : OJK Cabut Izin BPR Calliste Bestari di Bali

Sebelumnya,  PT BPR Fajar Artha Makmur telah ditetapkan menjadi plot BPR Dalam Pengawasan Khusus (BDPK) sejak 6 Mei 2019.

Sebab, rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) kurang dari 0 persen sebagai kelemahan pengelolaan oleh manajemen BPR yang tidak memperhatikan prinsip-prinsip kehati-hatian.

Baca Juga:  Fajar / Rian Patok Target Lolos ke BWF World Tour Finals 2019 - Bola.com

Build tersebut juga ditetapkan dengan tujuan agar pengurus maupun pemegang saham BPR melakukan upaya penyehatan.

Kendati demikian sampai batas waktu yang ditentukan, upaya penyehatan yang dilakukan oleh pengurus dan pemegang saham tidak tersalisasi.

“Mempertimbangkan kondisi keuangan BPR yang semakin memburuk dan adanya permasalahan internal, maka OJK mencabut izin usaha BPR setelah memperoleh pemberitahuan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS),” tulis OJK.

Baca Juga:  Tragis, Fajar/Rian Kena Tikung Ganda Gaek Denmark di French Open 2019 - Indosport

Dengan dicabutnya izin usaha BPR Fajar Artha Makmur, LPS juga akan turun tangan menjalankan fungsi penjaminan dan melakukan proses likuidasi. Sementara itu, OJK juga mengimbau nasabah agar tetap tenang karena dana dijamin LPS.

“OJK mengimbau nasabah PT Monetary institution Perkreditan Rakyat Fajar Artha Makmur agar tetap tenang karena dana masyarakat di perbankan termasuk BPR dijamin LPS sesuai ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More