Beranda » Teknologi » Nokia Unggul dari Samsung dan Xiaomi soal Aware Update Software Smartphone – Suara.com

Nokia Unggul dari Samsung dan Xiaomi soal Aware Update Software Smartphone – Suara.com

by Aldy Putra
0 views
Nokia Unggul dari Samsung dan Xiaomi soal Aware Update Software Smartphone – Suara.com


Suara.com –Hampir 96 persen dari smartphoneNokia, dijual secara kumulatif sejak Q3 2018, sudah menjalankan Android Pie atau telah memiliki pembaruan Android Pie yang dikeluarkan untuk mereka. Kondisi ini menjadikannya sebagai merek tercepat untuk mencapai level ini.

Ini sesuai dengan temuan whitepaper terbaru Counterpoint Learn yang berjudul Pembaruan Perangkat Lunak dan Keamanan: Tautan yang Hilang untuk Ponsel Cerdas.

Pembuat perangkat perlu meningkatkan upaya mereka untuk menyediakan pembaruan peranti lunak dan keamanan reguler untuk penggunanya.

Hasil penemuan tersebut mengungkap bahwa kecuali Nokia dan Lenovo, kinerja pembuat perangkat lain dinilai relatif lebih buruk.

“Konsumen sudah mulai menjaga smartphone mereka lebih lama. Mereka juga menghabiskan sedikit lebih banyak ketika mereka mengganti perangkat mereka. Waktu rata-rata konsumen menyimpan smartphone unggulan sebelum membeli perangkat baru telah meningkat secara bertahap,” tulis hasil riset tersebut dilansir dariCounterpointresearch.

Sebut saja seperti pasar China, Eropa, dan AS, yang sekarang baru mendekati 30 bulan, lama waktu menyimpan smartphone mereka. Jelasnya, menjaga agar perangkat lunak dan keamanan tetap mutakhir adalah penting untuk memastikan konsumen terus menikmati kinerja yang baik dan memiliki keamanan sepanjang kepemilikan mereka.

Baca Juga:  Asus Zenbook Flip UX362, Laptop Convertible Setara Samsung Galaxy Note 10 - Gadget - Otospirit.com

Pabrikan yang gagal mempertimbangkan hal ini saat merencanakan jadwal untuk menawarkan dukungan ke perangkat mereka dengan pembaruan, berpotensi menyebabkan kegagalan mengambil perhatian pelanggannya.

Menyoroti temuan whitepaper, Direktur Riset, Peter Richardson, mencatat, bahwa sistem operasi dan pembaruan keamanan adalah aspek dari smartphone Android yang mendapat perhatian yang relatif sedikit.

“Kami telah melihat beberapa merek yang berfokus pada hal ini. Dan mungkin karena produsen tidak membicarakannya, kesadaran konsumen juga rendah. Itu tidak muncul di antara sepuluh fitur yang menurut konsumen paling mereka pedulikan, dalam penelitian kami,” bebernya.

Hal ini tidak mengherankan jika hanya sedikit produsen high dalam memfokuskan pada pembaruan reguler untuk sistem operasi dan keamanan perangkat, meskipun itu merupakan elemen penting dalam kelanjutan kinerja smartphone yang aman.

Banyak fitur utama termasuk masa pakai baterai, prosesor, kamera, dan memori dihubungkan dengan kinerja sistem operasi yang mendasarinya.

Baca Juga:  Nokia Segera Luncurkan Smart-TV, Catat Ini Bocoran Spesifikasinya - SINDOnews.com

“Kami percaya ini penting untuk pengalaman konsumen secara keseluruhan dan cenderung menjadi lebih dikenal secara luas,” tambah Richardson.

Mengomentari kinerja merek smartphone, Affiliate Director, Tarun Pathak, menyoroti di antara 10 pembuat smartphone teratas, hampir 96 persen smartphone Nokia, dijual secara kumulatif sejak Q3 2018, sudah berjalan di Android Pie atau telah memiliki pembaruan Android Pie.

Samsung secara ketat mengikuti Nokia dengan 89 persen dan Xiaomi dengan 84 persen.

“Xiaomi pandai memastikan peluncuran produk dengan kisaran harga menengah dengan versi Android terbaru,” kata Pathak.

Lebih lanjut Pathak menambahkan bahwa ada banyak faktor yang berperan dalam mengeluarkan pembaruan perangkat lunak. Tetapi beberapa merek berupaya lebih keras untuk mengurangi jeda waktu dari rilis versi Android terbaru hingga menerbitkan pembaruan untuk semua ponsel cerdas mereka.

Replace machine Android tercepat. [counterpointresearch]
Replace machineAndroid tercepat. [counterpointresearch]

“Hanya beberapa merek yang berkomitmen memastikan smartphone mereka selalu menjalankan versi terbaru. Nokia adalah merek tercepat dalam mengeluarkan pembaruan perangkat lunak terbaru yang mencakup 94 persen dari portofolionya dalam satu tahun setelah peluncuran versi Android terbaru,” jelasnya.

Baca Juga:  Nokia 800 Tough, Nokia 2770 Fllip dan Nokia 110 Resmi Melantai - Tabloid Pulsa

Sementara menurut Learn Analyst, Abhilash Kumar bahwa perangkat dengan harga tinggi seringkali diperbarui terlebih dahulu. Padahal, memiliki perangkat lunak terbaru sama pentingnya dengan produk menengah dan murah seperti halnya dengan perangkat unggulan.

“Kami melihat kinerja produsen dalam memperbarui perangkat lunak di semua tingkatan harga. Dengan analisis ini, sekali lagi, Nokia menonjol sebagai merek yang paling mungkin memperbarui portofolio lengkapnya dengan cepat,” katanya.

Dia menambahkan, Xiaomi dan Lenovo juga berperingkat tinggi dalam metrik ini. Merek seperti Alcatel dan Tecno adalah penghambat utama. Ini karena merek-merek ini memiliki portofolio luas, sebagian besar di segmen sub- 200 dolar AS, dan siklus hidup model mereka cenderung pendek.

“Produk-produk mereka sering beralih dari peluncuran ke akhir-hidup dalam waktu hanya enam bulan, yang berarti mereka kurang memiliki insentif untuk menyediakan pembaruan jangka panjang,” ujar Kumar.

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More