Bisnis

Ngabalin: Desain hingga Onderdil Esemka Kreasi Anak Indonesia – detikNews


Jakarta
Partai Gerindra menuding mobilEsemkamenggunakan komponen yang didatangkan dari China dan pabrik Esemka hanya jadi tempat perakitan. Pihak Istana membantah dengan menyebut bahan dasar pembuatan mobil berasal dari dalam negeri.

- Advertisement -

“Esemka,trace, dan komponen dasar, desain, dansparepart(onderdil) oleh anak Indonesia. PT Solo Manufaktur Kreasi itu perusahaan swasta 100 persen anak negeri Indonesia,” ucap Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin saat dihubungi, Sabtu (7/9/2019).

Baca Juga:  Aston Martin Boyong Sepeda Motor Pertamanya ke Milan - Uzone

Bagi pihak yang meragukan, Ngabalin menyarankan untuk datang langsung ke pabrik di Boyolali, Jawa Tengah. Mereka bisa melihat proses pembuatan mobil tersebut.

- Advertisement -


“Mesti datang ke Boyolali untuk dilihat. Kenapa begitu, karena bahan kan dari Krakatau Metallic, industri baja diambil dari Krakatau Metallic. Kemudian modal, jangan lupasparepartdigunakan dari pasar (lokal) kan. Itu sebabnya teknologi umum, kalau kayak Esemka itu tidak gunakan sistem komputerisasi rumit,” kata Ngabalin.

Baca Juga:  Per 12 September Kemasan Rokok di Thailand Tanpa Merek dan Logo - Kompas.com - KOMPAS.com

Ngabalin tidak bisa menjelaskan secara spesifik proses produksi mobil Esemka. Namun dia meminta setiap politikus memberi apresiasi.

“Secara teknis harus menjelaskan, tentu sangat spesifik. Secara garis besar baik politisi dan siapa saja yang melihat produksi solo manufaktur itu karya besar yang perlu diapresiasi,” ujar Ngabalin.

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
Baca Juga:  Intip Desain Toyota Yaris Generasi 4, Oke Gak Sih? - Uzone
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close