Kesehatan

Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dengan Gaya Hidup Sehat – Harapan Rakyat


Menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan gaya hidup sehat merupakan langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan sebagai cara alami untuk turunkan kolesterol tinggi.
Menurunkan kadar kolesterol tinggi dengan gaya hidup sehat. Photo : Ilustrasi.

Menurunkan kadar kolesterol tinggi dengangaya hidup sehatmerupakan langkah-langkah sederhana yang dapat dilakukan sebagai cara alami untuk turunkan kolesterol tinggi.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat, maka pola makan yang kita
terapkan juga akan lebih sehat. Karena, kita akan lebih selektif dalam memilih menu
harian.

Ahli gizi dariInggrisyang juga sebagai dokter, Sarah Franciosi, menjelaskan, pola makan dan gaya hidup sehat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami.

Seperti diketahui bahwa naiknya kolesterol seringkali tidak
disadari oleh banyak orang, karena memang tidak menimbulkan gejala apapun.

Jika kadar kolesterol dalam darah tinggi, maka risiko munculnya penyakit berbahaya juga akan meningkat, seperti halnyapenyakit jantung.

Kolesterol merupakan zat yang ditemukan dalam darah. Namun,
kehadirannya tidak selalu berdampak buruk bagi kesehatan.

Pasalnya, tubuh tetap membutuhkan kolesterol agar bisa
berfungsi secara sehat, selama level kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) tidak terlalu tinggi.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/11/2019), LDL dikenal
sebagai kolesterol jahat. Kalau dalam tubuh terlalu banyak kolesterol LDL, maka
akan menyulitkan alirannya.

Baca Juga:  Hati-hati, Siapapun Berisiko Derita Kolesterol, Ini Tips Ampuh Menurunkannya - Grid.ID

Sedangkan, untuk tipe kolesterol baik atau HDL (High Density Lipopeotein) bisa membantu
menurunkan kolesterol dari aliran darah, yang kemudian mengembalikannya ke
hati.

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Makan Lebih Banyak Buah dan Sayur

Dengan menambahkan buah-buahan dan sayuran ke dalam menu
harian merupakan langkah termudah guna meningkatkan kesehatan secara menyeluruh,
termasuk turunkan kolesterol.

Hal itu karena buah dan sayuran kaya akan serat, dan sebagai sumber
vitamin serta mineral, seperti vitamin C, folat, dan kalium yang bisa membantu
jaga kesehatan usus.

Untuk mambantu agar kolesterol turun, dr. Sarah menganjurkan sehari
makan buah dan sayuran sedikitnya 5 porsi. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan
beragam vitamin, dan juga serat.

Buah dan sayuran seperti gandum, buncis, kacang polong dan kacang-kacangan memiliki kandungan serat larut yang bisa menurunkan kolesterol tinggi.

Kolesterol Turun dengan Metode Memasak Lebih Sehat

Memasak dengan cara menggoreng memang lebih mudah dan cepat,
namun dampaknya bisa menghancurkan sejumlah kandungan vitamin yang ada di dalam
sayuran.

Baca Juga:  Efektifkah Bawang Putih Menurunkan Kolesterol? - TIMES Indonesia

Apalagi jika saat memasaknya banyak menambahkan mentega atau
minyak ke dalam wajan. Hal inilah yang justru malah menambah lemak jenuh.

Jadi, disarankan untuk beralih ke metode memasak yang lebih
sehat, tidak memerlukan banyak minyak atau mentega. Misalnya dipanggang, direbus
atau dikukus.

Metode tersebut tentunya lebih sehat dan dapat membantu
mengurangi lemak jenuh yang memicu naiknya kolesterol.

Tukar Lemak Jenuh dengan Lemak Tak Jenuh

Lemak jenuh yang memicu naiknya kolesterol banyak ditemukan
dalam makanan berbahan susu tinggi lemak, diantaranya krim, mentega, batang
keju, susu murni, dan dalam kue, biskuit, potongan daging berlemak, dan kue
kering.

Agar kolesterol dalam darah tetap stabil, ganti dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh untuk kesehatan jantung, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, ikan salmon, mackerel,minyak zaitunatau minyak sayur.

Pilih Makanan Alternatif yang Rendah Kolesterol

Memilih makanan alternatif yang rendah kolesterol juga merupakan
cara gaya hidup sehat untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Baca Juga:  Puluhan Warga China Dikarantina Usai Konsumsi Daging Kelinci Liar Terjangkit Pes - Trubus.id

Menerapkan diet rendah kolesterol dalam gaya hidup sehat bukan
berarti kita harus meninggalkan kesenangan hidup, seperti menyantap semangkukspaghetti bologneseyang panas bertabur
keju parut, atau mengonsumsi roti bakar yang diolesi mentega cair.

Namun, kamu bisa mengimbangi asupan dengan mengonsumsi makanan
alternatif yang rendah kolesterol, seperti yogurt dan selai.

Tetap Aktif Bergerak

Biasakan melakukan olahraga setiap hari meskipun hanya sebentar.
Menurut penelitian, dengan berolahraga bukan hanya menghindari stres akibat rutinitas
pekerjaan, tapi juga bisa mambantu menurunkan kolesterol.

Melakukan olahraga secara teratur setiap harinya dapat
meningkatkan level kolesterol HDL baik di dalam tubuh.

Karena, kolesterol HDL mampu membantu membuang kolesterol
berlebih dari aliran darah, serta mengembalikannya ke hati.

Untuk menurunkan kadar kolesterol, disarankan dalam sehari melakukan olahraga setidaknya selama 30 menit.

Jenis olahraga yang bisa dipilih diantaranya senam kebugaran atau berjalan cepat. Lakukan secara rutin sedikitnya 5 kali dalam satu minggu.(Eva/R3/HR-Online)

Baca Selengkapnya>>>

Tags
Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker