Beranda » Kesehatan » Mengenal Gejala dan Penyebab Polip Hidung

Mengenal Gejala dan Penyebab Polip Hidung

by Masasih.id
Mengenal polip hidung

Polip hidung merupakan jaringan yang tumbuh pada bagian dalam saluran hidung. Polip hidung memiliki bentuk seperti anggur. Posisinya tergantung pada bagian dalam hidung. Biasanya polip hidung menyerang orang dengan umur di atas 40 tahun. Jarang sekali terjadi pada anak-anak. Polip hidung juga biasanya lebih beresiko menyerang pria dibanding wanita.

Gejala serta Penyebab Polip Hidung

Jika mendengar kata polip hidung, Anda jangan panik karena polip hidung tidak selalu identik dengan operasi. Ada obat polip hidung tanpa operasi yang bisa menyembuhkan polip hidung Anda. Namun sebelum ke pengobatan polip hidung kenali gejala serta penyebab polip hidung.

Ukuran polip hidung beragam, ada yang berukuran kecil dan ada yang berukuran besar. Polip yang berukuran kecil pada umumnya tidak menimbulkan gejala. Sebaliknya, bila polip Anda telah berukuran besar, dapat mengganggu saluran pernapasan Anda. Gangguan yang dirasakan sama seperti ketika Anda sedang pilek tetapi tak kunjung sembuh.

Polip hidung adalah suatu jaringan yang lembut dan tidak menimbulkan rasa sakit. Jangan takut karena polip hidung tidak bersifat ganas. Ketika selaput lendir atau membran mukosa mengalami peradangan, maka polip hidung dapat terbentuk. Beberapa mempercayai bahwa terbentuknya polip hidung dipicu oleh reaksi alergi, namun penyebab pastinya belum diketahui.

Diagnosis Polip Hidung

Pemeriksaan fisik yang dilakukan untuk mengetahui apakah pasien menderita polip hidung adalah tes alergi, endoskopi hidung, serta pencitraan. Selain itu, biasanya dokter  juga akan menanyakan gejala yang dialami pasien serta riwayat penyakit yang pernah diderita oleh pasien.

Untuk mengobati polip hidung biasanya disesuaikan dengan kondisi pasien. Pengobatan dapat dilakukan dengan cara operasi. Namun bila pasien tidak setuju untuk dioperasi, dan keadaannya memungkinkan untuk diberi pengobatan saja, maka pengobatan yan diberikan berupa suntikan, pemberian obat tablet, dan obat semprot hidung.

Gejala yang ditimbulkan oleh polip hidung dan sinusitis hampir sama, yaitu tersumbatnya saluran pernapasan seperti sedang pilek. Konsultasikan ke dokter agar Anda tahu pasti penyakit apa yang diderita karena obat yang diberikan pun tentunya akan berbeda. Untuk sinusitis Anda akan diberikan modexa obat sinusitis dari geoapotik.

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More