Informasi PengetahuanInformasi Umum

Mengenal Arti Lockdown, Isolasi dan Karantina Berserta Perbedaannya

Masasih.id – Saat ini, sejumlah negara di berbagai belahan dunia telah menerapkan kebijakan lockdown guna mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19). Sejumlah negara tersebut diantaranya adalah Italia, Mongolia, dan Filipina.

Seperti diketahui apabila Presiden Joko Widodo sampai sekarang ini belum memberlakukan Lockdown untuk kasus virus Corona di Indonesia di mana kabar terbaru yang berhasil kami dapatkan, apabila sebanyak 34 orang masyarakat di Indonesia positif terjangkit virus Corona atau virus covid-19 sehingga hal ini sangat meresahkan bagi masyarakat yang ada di tanah air.

- Advertisement -

Banyak netizen yang ternyata belum mengetahui arti dari Lockdown atau di dalam bahasa Indonesia mengandung arti penguncian diri sehingga sebuah keyword di Google trending muncul dengan pencarian: Lockdown artinya. Untuk menjawab pertanyaan dari netizen, maka pada artikel kali ini kami akan membahas arti Lockdown dan karantina beserta perbedaannya.

Baca Juga:  Contoh Susunan Panitia 17 Agustus Terbaru Dan Terlengkap

Lantas apa pengertian lockdown sendiri? Menurut kamus Bahasa Inggris, lockdown berarti adalah kuncian. Artinya, negara yang terinfeksi virus corona mengunci akses masuk dan keluar sebagai pengamanan ketat untuk mencegah penyebaran virus lebih luas.

Selain itu, lockdown juga dapat dilakukan dengan larangan melakukan pertemuan yang melibatkan banyak orang seperti penutupan sekolah hingga tempat-tempat umum. Langkah ini berpotensi untuk menekan risiko penularan virus corona terhadap masyarakat yang berada di luar wilayah lockdown.

- Advertisement -

Sementara itu, isolasi memiliki arti yang sama dengan lockdown. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, isolasi berarti pemisahan suatu hal dari hal lain atau usaha untuk memencilkan manusia dari manusia yang lain.

Baca Juga:  Waspada Penyebaran Corona, Kenali Perbedaan Masker N95 dan Masker Bedah

Selanjutnya adalah karantina yang memiliki pengertian berbeda dengan lockdown. Karantina merupakan tempat penampungan yang lokasinya terpencil guna mencegah terjadinya penularan (pengaruh dan sebagainya) penyakit dan sebagainya. Contoh karantina telah dilakukan Pemerintah Indonesia beberapa waktu lalu saat memulangkan Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan.

Kala itu, pemerintah mengkarantina para WNI selama 2 minggu di Natuna, Kepulauan Riau. Saat karantina, kesehatan para WNI juga diawasi ketat dengan terus diberikan vitamin serta gizi untuk menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga:  Kenapa Kita Harus Gemar Membaca ?

Hingga saat ini, Pemerintah Indonesia sendiri masih belum berencana untuk melakukan lockdown seperti di negara-negara lainnya. Menurut pemerintah, langkah tersebut masih dinilai memiliki risiko yang tinggi seperti meningkatnya jumlah virus corona. Pasalnya, orang yang terkena corona terpaksa bercampur menjadi satu dengan orang yang masih sehat sehingga penularan justru semakin meluas.

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close