Teknologi

Mengandung Adware, 2 Aplikasi Ini Dihapus dari Google Play Store – iNews


Dini Listiyani · Sabtu, 21 September 2019 – 12: 43 WIB

- Advertisement -

Mengandung Adware, 2 Aplikasi Ini Dihapus dari Google Play Store

Google Play Retailer (Foto: Phone Enviornment)

MOUNTAIN VIEW, iNews.id –Google menghapus dua aplikasi Android yang telah dinstal lebih dari 1,5 juta kali. Pasalnya, aplikasi menjalankan iklan pop-up yang dapat merugikan pengguna Android.

- Advertisement -

Perusahaan keamanan siber Wandera menemukan aplikasi Solar Pro Beauty Camera dan Comical Candy Beauty Selfie Camera mengadung spyware danberpotensi merugikan pengguna.

“Spyware and adware biasanya dipandang sebagai gangguan bagi kill consumer. Namun, spyware seluler dapat membunuh produktivitas yang mengarah ke dampak yang lebih serius bagi bisnis. Iklan yang tidak menarik di luar aplikasi mengganggu pengguna di tengah-tengah alur kerja mereka, menutup perangkat, mengeringkan baterai perangkat, dan dalam beberapa kasus perangkat yang terinfeksi perlu diganti,” kata Wandera seperti dikutip dariPhone Enviornment,Sabtu (21/9/2019).

Baca Juga:  Usai Terima Update, Fitur Sidik Jari Galaxy A50 Dilaporkan Bermasalah - Indozone.id

Jika Anda menginstal salah satu dari aplikasi beauty camera yang sudah disebutkan, sebaiknya segera unlinstall sekarang. Seperti layaknya aplikasi berbahaya, usai menginstal maka ikon akan menghilang dari app drawer saat shortcut dibuat.

Bahkan jika Anda menghapus shortcut, aplikasi tetap menanyangkan iklan di background. Setelah diinstal, Solar Pro Beauty Camera bekerja untuk menutup iklan fat-cloak sekalipun aplikasi tidak terbuka. Comical Candy Beauty Selfie Camera juga menayangkan iklan fat-cloak, tapi hanya setelah foto disaring diunduh menggunakan aplikasi.

Baca Juga:  Temukan Biji Kopi Mengandung Pestisida, Ini yang Dilakukan Nestle - Kompas.com - KOMPAS.com

Seperti biasa, komentar yang tertinggal di daftar kedua aplikasi di Play Retailer memberikan peringatan dini kepada pengguna Android. Salah satu reviewer mengatakan, ‘Sampah. Tolong jangan mengunduh aplikasi ini. Ini hanya iklan, itu saja, tidak ada yang lain.’

Wandera melaporkan aplikasi ke Google pada 11 September. Merespons laporan dari Wandera, raksasa mesin pencari cyber web ini menghapus dua aplikasi tersebut dari Play Retailer.

Baca Juga:  'Like' Disembunyikan, Ini Pengaruhnya bagi Selebgram - Tribun Bali

Editor : Dini Listiyani

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close