Olahraga

Laporan Pertandingan Liga 1 2019: PSM Makassar vs Persela Lamongan – Goal.com


PSM Makassar berhasil bangkit dan mengunci kemenangan dengan skor tipis 2-1 atas tamunya, Persela Lamongan, dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin (1/9). Persela sendiri harus mengakhir laga dengan sepuluh pemain setelah Alex Dos Santos diusir keluar di pertengahan babak kedua.

- Advertisement -

Tampil tanpa sejumlah pilar membuat permainan PSM terlihat tak seperti biasanya di awal laga. Bahkan Laskar Joko Tingkir nyaris unggul lebih dulu jika peluang emas Kei Hirose yang sudah berhadapan langsung dengan Rivky Mokodompit tak mampu dimentahkan di menit kelima.

Selepas beberapa serangan balik yang langsung menuju jantung pertahanan, PSM akhirnya mampu bangkit. Tetapi kombinasi satu dua Juku Eja selalu diakhiri dengan tembakan di luar kotak penalti yang mudah diamankan.

Pilihan Editor

Baca Juga:  Wolgang Pikal Sebut Alasan Kekalahan Persebaya dari Persib Bandung - Bolasport.com

Penggawa Persela yang bermain tanpa beban akhirnya benar-benar mengejutkan seisi stadion. Rafinha berlari kencang dari tengah lapangan tanpa mampu diimbangi Hasyim Kipuw, sebelum melepaskan tembakan yang tak mampu dibendung Rivky di menit 29.

- Advertisement -

PSM terlihat kepayahan mengimbangi kecepatan lawan dalam setiap serangan balik dan tak benar-benar mendominasi di tengah. Umpan-umpan silang yang diandalkan juga belum sesuai harapan.

Ditekan bertubi-tubi, penggawa Persela akhirnya kehilangan konsentrasi di akhir babak pertama. Beruntung tandukan Amido Balde memanfaatkan umpan silang Kipuw dan sepakan bebas Wiljan Pluim masih melebar dari sisi gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan tamu tak berubah hingga paruh pertama berakhir.

PSM yang tak ingin dipermalukan di kandang mencoba mengubah jalannya situasi dengan memasukkan pemain muda, Rizky Eka, di awal babak kedua. Dua peluang sempat didapatkan tetapi tandukan Balde dan Aaron Evans tak mengarah tepat ke sasaran.

Baca Juga:  Tak Selamanya di Chelsea, Kepa Ingin Balik ke Bilbao - detikSport

Gol yang ditunggu kubu tuan rumah akhirnya tercipta di menit-66, setelah Mawouna Amevor melakukan pelanggaran tak perlu kepada Balde di kotak terlarang. Balde sendiri yang maju mengeksekusi penalti dan berhasil mengecoh Dwi Kuswanto.

Panasnya tensi permainan akhirnya memakan korban dan Persela yang menderita karena gagal menjaga emosi. Alex Dos Santos yang ditempel ketat Abdul Rahman melakukan gestur menyikut dan Thoriq Al Katiri dengan tegas mengeluarkan kartu merah di menit 69.

Kehilangan satu pemain dan terus ditekan bertubi-tubi membuat Persela kepayahan. Pluim lepas dari kawalan ketat dan berhasil menyambut sebuah umpan silang dari sisi kiri di menit ke-81 untuk membalikkan keadaan.

Tiga menit berselang, Amevour sempat mencetak gol memanfaatkan kemelut yang tercipta dari sepakan bebas Rafinha yang gagal dihalau sempurna. Namun hakim garis telah mengangkat benderanya terlebih dahulu. Skor 2-1 bertahan hingga akhir pertandingan.

Baca Juga:  Manchester City Ditekan Guardiola Kejar Liverpool - Gilabola.com

Kemenangan ini tak membuat posisi PSM berubah dan tertahan di peringkat delapan dengan 23 poin. Sementara Persela terbenam di peringkat 15 atau hanya satu strip dari zona degradasi.

Artikel dilanjutkan di bawah ini

SUSUNAN PEMAIN

PSM:Rivky Mokodompit; Abd. Rahman (Firza Andika 80′), Aaron Evans, Asnawi Mangkualam, Benny Wahyudi, Raphael Maitimo, Hasyim Kipuw (Rizky Eka 46′), Wilam Jan Pluim, M Rahmat, Amido Balde, Rasyid Bakri

Persela:Dwi Kuswanto; Birrul Walidain, Arif Satria, Mawouna Amevor, Eky Taufik (Samsul Arifin 62′), Lucky Wahyu, Kei Hirose, Delvin Rumino (Hambali Tholib 85′), Rafinha, Sugeng Effendi, Alex Gonvalves.

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close