Olahraga

Langgar Kode FIFA Saat Vs Malaysia, Ini Ancaman Sanksi yang Bayangi Indonesia – Kompas.com – KOMPAS.com


KOMPAS.comTimnas Indonesiatampaknya harus siap menerima “getahnya” seusai laga melawan Malaysia pada babak Kualifikasi Piala Dunia2022 Zona Asia diwarnai kericuhan.

- Advertisement -

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (5/9/2019), pertandingan tersebut akhirnya dimenangkan Malaysia dengan skor 3-2.

Pada babak kedua, laga sempat dihentikan akibat ulah oknum suporter Indonesia yang melancarkan serangan ke arah pendukung Malaysia.

Baca juga:Pesan Beto untuk Suporter Timnas Indonesia

- Advertisement -

Tak berhenti di situ, seusai laga, kerusuhan kembali memananas di luar stadion.

Pendukung Malaysia pun terpaksa terkurung di dalam stadion.

Baca Juga:  Malaysia Vs Indonesia - Yeyen Tumen Sudah Amati Kelebihan Safawi Rasid Sejak 2017 - Bolasport.com

Mereka akhirnya diamankan oleh pihak kepolisian dan baru kembali ke hotel beberapa jam pasca-pertandingan.

Atas insiden itu, dilansir BolaSport dariNew Strait Instances, Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mengajukan protes resmi kepada FIFA.

Ancaman hukuman denda uang, larangan menghadirkan penonton dalam laga kandang, harus memainkan laga kandang di tempat netral, hingga pengurangan poin kini mengancam Indonesia.

Sesuai dengan Kode Kedisiplinan FIFA, Indonesia dalam hal ini PSSIjelas melakukan pelanggaran seperti tertera di Pasal 16.

Baca juga:Indonesia Vs Malaysia Ricuh, PSSI Siap Terima Sanksi dari FIFA

Pada ayat 1 Pasal 16 jelas disebutkan asosiasi tuan rumah sebuah pertandingan resmi FIFA harus bertanggung jawab pada keamanan dan ketertiban di dalam dan sekitar stadion sebelum, selama, serta sesudah pertandingan.

Baca Juga:  Malaysia Jago, Satu-satunya Negara ASEAN yang Menang di Matchday Pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 - Bola.com

Di ayat 2 juga disebutkan bahwa semua asosiasi bertanggung jawab untuk perilaku tidak pantas yang dilakukan oleh satu atau lebih suporternya.

Yang masuk kategori perilaku tidak pantas juga disebutkan antara lain: menginvasi lapangan pertandingan, melakukan pelemparan, dan menyalakan suar.

Celakanya, semua itu dilakukan oleh oknum suporter timnas Indonesiasaat laga melawan Malaysia.

Lengkapnya, Kode Kedisiplinan FIFA edisi terbaru bisa dibacadi sini.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Thisa, mengaku pasrah.

Baca Juga:  Indonesia Vs Malaysia, Saddil Ramdani Hadapi 4 Rekan Setimnya - Kompas.com - KOMPAS.com

Ia mengatakan bahwa pihaknya siap menerima sanksi yang dijatuhkan FIFA kepada Indonesia, termasuk mendapatkan hukuman tanpa penonton melawan Thailand pada lanjutan laga kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022.

“Kami siap bila mendapatkan hukuman dari FIFA,” kata Ratu Tisha.

“Tidak ada kekhawatiran bila lawan Thailand tanpa penonton. Yang harus ada adalah daya juang dari para pemain,” ucapnya.

Timnas Indonesia sendiri bakal menjamu Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUBK), Selasa (10/9/2019).(Dwi Widijatmiko)

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close