Kesehatan

Lakukan Ini untuk Mendapatkan Tidur yang Berkualitas – 1Health


Masih banyak orang yang sering mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Salah satu pemicunya adalah stres, lebih tepatnya, otak masih terus bekerja saat tubuh merasa lelah. Padahal, tidur sangat dibutuhkan untuk menjaga fungsi organ tubuh. Penelitian mengatakan pria usia 17 hingga 35 tahun perlu mendapatkan waktu tidur selama tujuh sampai sembilan jam. 

- Advertisement -

Kebutuhan akan istirahat sama pentingnya dengan kebutuhan makanan. Banyak hormon yang akan sulit dihasilkan bila tubuh tidak terlelap, salah satunya hormon pertumbuhan atau Growth Hormone (GH). Lebih dari sekadar membuat tubuh bertumbuh tinggi, hormon ini juga bertanggung jawab dalam meningkatkan retensi kalsium untuk membantu mempertahankan massa tulang, mengurangi penyimpanan lemak tubuh, mendukung sistem kekebalan tubuh, perbaikan sel, dan menjaga organ Anda beroperasi dengan lancar.

Baca Juga:  9 Cara menghilangkan jerawat dengan bahan dapur, ampuh dan cepat - Brilio

Jika Anda merasa sulit untuk mengantuk dan seringkali menemukan kesulitan saat hendak tidur, coba jalani guidelines berikut ini untuk dapatkan tidur yang lebih baik dan berkualitas.

Simpan system
Komputer maupun pc pc, ponsel, tab, dan segala peralatan berteknologi canggih ini memang memudahkan Anda untuk hidup di generation digital. Namun, keberadaan alat ini di kamar secara tidak langsung mengubah pandangan Anda akan peran kamar yang seharusnya sebagai ruang untuk beristirahat, menjadi tempat untuk bekerja karena dikelilingi alat yang mendukung produktivitas Anda.

- Advertisement -

Pastikan tubuh terasa sejuk
Berada di sebuah ruangan yang dingin membuat badan secara otomatis lebih mudah mengantuk. Oleh karena itu, pastikan suhu kamar Anda cukup sejuk, namun jangan sampai terlalu dingin karena bisa memicu masuk angin atau Anda menggigil sepanjang malam. Sediakan selimut yang menghangatkan, namun tidak membuat tubuh gerah dan berkeringat akibat suhu yang panas.

Baca Juga:  Wako Tanjungpinang Ingatkan Imunisasi Penting Untuk Ketahanan Tubuh Anak - Monitorriau.com

Hindari memantau jam pada layar digital
Memandangi jam digital pada layar ponsel jelas dapat membuat tidur Anda terganggu. Selain banyaknya pancingan yang datang berupa notifikasi untuk memeriksa email, chatvideo games dan masih banyak lagi, pancaran lampu biru pada layar ponsel bisa mengacaukan proses produksi hormon melatonin yang fungsinya adalah membantu siklus tidur dan bangun. Selain itu, memandangi jam setiap menit dapat membuat Anda lebih stres dan semakin sulit membuat mata untuk terlelap.

Baca Juga:  Konsumsi Buah Matoa Secara Rutin, Ini 5 Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh! - Suara.com

Tak perlu obat tidur, air saja cukup
Daripada mengonsumsi obat tidur yang justru berisiko membuat Anda ketergantungan, lebih baik konsumsi air putih yang lebih alami dan mengandung banyak manfaat. Satu tetes air mengandung satu oksigen dan dua atom hidrogen, yang akan menjauhkan Anda dari dehidrasi selama beristirahat. Selain itu, minum segelas air sebelum tidur dapat membersihkan sistem pencernaan dari racun.

Article By Rianti Fajar

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close