Kesehatan

Konsumsi 7 Makanan Terbaik Ini Untuk Tingkatkan Sistem Imun Tubuhmu! – Indozone.id


INDOZONE.ID –Kekuatan sistem imunitas atau daya tahan tubuh setiap orang berbeda-beda. Sistem imun pun bisa mengalami naik-turun, salah satunya bisa disebabkan karena pengaruh cuaca yang sedang tidak menentu. Apalagi, menjelang musim penghujan di mana tubuh seringkali diterpa hujan deras kapan pun dan di mana pun.

- Advertisement -

Sistem imun memiliki peran penting dan merupakan benteng pertahanan pertama untuk melawan berbagai kuman berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Tanpa ada antisipasi untuk menjaga sistem imun, gejala penyakit mudah timbul. Alhasil, aktivitas sehari-hari pun bisa terganggu.

Maka, ada baiknya setiap orang perlu menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit. Ada banyak cara untuk meningkatkan sistem imun, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Baca Juga:  Konsumsi Buah Apel Setiap Hari, Hal Ajaib Ini Bakal Terjadi pada Tubuh Kamu - topmedia.co.id

Setidaknya, ada tujuh makanan kaya nutrisi yang perlu dikonsumsiuntuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apa saja ya? Nah, berikut ini ulasannya seperti dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Sabtu (19/10):

- Advertisement -

1. Sup Ayam

Chicken Soup
photo/Meals Network

Sup ayam cukup ampuh untuk menangkis influenza yang bisa menyerang ketika sistem imun sedang menurun. Tidak hanya menyediakan cairan yang dibutuhkan untuk membantu melawan virus, sup ayam juga mampu membantu mengatasi hidung tersumbat. Sup ayam dianggap memiliki efek anti-inflamasi ringan sehingga dapat membantu meringankan gejala influenza. 

2. Bawang Bombai atau Bawang Putih

Onion
photo/Pixabay

Bawang bombai atau bawang putih merupakan dua jenis bahan masakan yang aromatik. Kedua makanan ini banyak mengandung senyawa antiseptik dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Jamur

Mushroom
photo/Pexels

Jamur dapat meningkatkan produksi sitokin atau sel yang membantu melawan infeksi. Jamur juga mengandung polisakarida yaitu senyawa yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Jenis jamur yang dianggap paling manjur adalah jamur shitake, maitake dan reishi.

Baca Juga:  4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Lelah - 1Health

4. Buah Jeruk

Orange
photo/Pixabay

Jeruk mengandung nutrition C dosis tinggi yang mampu mengurangi gejala influenza hingga 23 persen. Selain buah jeruk, makanan lain yang memiliki jumlah nutrition C tinggi adalah pepaya, ubi, labu kuning, tomat, brokoli, kecambah dan paprika merah.

5. Yoghurt

Yoghurt
photo/Pexels

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi secangkir yoghurt rendah lemak setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari virus influenza hingga 25 persen. Yoghurt mengandung bakteri baik seperti lactobacillus reuteri yang terbukti dapat mencegah replikasi virus yang menyerang tubuh ketika sakit.

6. Jahe

Ginger
photo/Pixabay

Selain mampu menenangkan tenggorokan yang gatal, jahe juga memiliki bahan kimia sesquiterpen yang dapat menghalau virus influenza, serta zat yang membantu memperbaiki batuk. Jahe juga merupakan pereda nyeri dan demam yang alami, sehingga kamu bisa merasa lebih nyaman dan mudah untuk beristirahat.

Baca Juga:  Konsumsi Suplemen Minyak Ikan Bantu Turunkan Risiko Serangan Jantung - Tribun Medan

7. Madu

Honey
photo/Pixabay

Banyak khasiat yang dimiliki madu karena memiliki sifat antioksidan dan anti-mikroba untuk membantu melawan infeksi dari virus, bakteri, dan jamur. Karenanya, sumber makanan ini sangat baik dikonsumsi saat cuaca sedang tidak menentu untuk menjaga sistem imun tubuh.

Artikel Menarik Lainnya:

    Sumber

    Looks like you have blocked notifications!
    - Advertisement -
    Tags
    - Advertisement -
    Back to top button
    Close