Beranda » Teknologi » Keunggulan Exynos 980, Chipset 5G Terintegrasi Pertama Samsung – tirto.id

Keunggulan Exynos 980, Chipset 5G Terintegrasi Pertama Samsung – tirto.id

by Andi
1 views
Keunggulan Exynos 980, Chipset 5G Terintegrasi Pertama Samsung – tirto.id

Modem 5G terintegrasi chipset, tak hanya membuat konektivitas makin gegas, tapi juga menghemat ruang sehingga desain smartphone lebih ringkas.

tirto.identification– Samsung resmi meluncurkanchipset5G terintegrasi pertama hari ini, Rabu (04/09/2019). Exynos 980 diklaim sebagaichipsetdengan konektivitas terbaik di kelasnya dengan mengintegrasikan prosesor dan modem 5G dalam sebuahchip.

Exynos 980 didesain dengan teknologi proses 8nm FinFET yang membuatnya dapat bekerja lebih dingin dengan konsumsi daya yang lebih efisien. Samsung juga mengklaim bahwa Exynos 980 merupakanchipsetberteknologiSynthetic Intelligence(AI) pertama yang terintegrasi dengan modem 5G.

“Dengan Exynos 980 yang terintegrasi 5G, Samsung mendorong untuk membuat 5G lebih mudah diakses oleh lebih banyak pengguna dan terus memimpin inovasi di pasar ponsel 5G,”kataBen Hur, Wakil Presiden Pemasaran Sistem LSI di Samsung Electronics dalam keterangan tertulis dikutip Rabu.

Baca Juga:  Spesifikasi dan Harga Huawei Nova 5T, Ponsel Kelas Menengah dengan Hardware Kelas Atas - Tribun Jateng

Solusi modem 5G terintegrasi tak hanya membuat konektivitas lebih baik dan konsumsi daya yang lebih efisien, tetapi juga dapat menghemat ruang sehingga desainsmartphonebisa lebih ringkas jika dibandingkan denganchipmodem 5G terpisah. Modem 5G yang terintegrasi pada Exynos 980 memilikibackward compatibilityhingga jaringan 2G.

Tak hanya itu, modem 5G yang terintegrasi padachipExynos 980 ini mendukung 4G LTE kecepatan tinggi yang sudah diimplementasikan oleh operator seluler saat ini. Exynos 980 menawarkan kecepatan transfer hingga 2,55 Gbps menggunakan teknologi 5G sub-6-gigahertz (GHz).

Baca Juga:  Keunggulan Nokia 110 yang Dijual dengan Harga Rp329 Ribu - tirto.id

Modem yang diusung oleh Exynos 980 juga mendukung teknologi E-UTRA-NR Dual Connectivity (EN-DC), yang menggabungkan konektivitas 2CC LTE dan 5G untuk memaksimalkan kecepatandownlinkseluler hingga 3,55Gbps. Selain itu, prosesor ini mendukung standar Wi-Fi 6 baru, IEEE 802.11ax.

Bicara soal performa, Samsung Exynos 980 cukupextremely efficientdengan dukungan prosesorocta-coreyang terdiri daridual-coreARM Cortex-A77 untuk performa tinggi danhexa-coreARM Cortex-A55 untuk konsumsi daya yang efisien. Grafis Exynos 980 cukup matang untuk menanganisportdengan GPU Mali-G76.

Tak hanya manawarkan peningkatkan performa, Exynos 980 juga kian pintar dengan dukungan NPU (Neural Processing Unit) untuk AI yang performanya 2,7 kali lebih cepat ketimbang pendahulunya. AI diproses langsung dari perangkat, sehingga memberikan privasi dan keamanan records yang lebih baik.

Baca Juga:  Ponsel 5G Murah Nokia 8.2 Debut di MWC 2020 - detikInet

Exynos 980 mendukung kamera hingga resolusi 108 megapiksel dengan ISP baru yang mampu menangani lima sensor dan memproses tiga gambar secara bersamaan.Chipsetini juga mendukungencodingdandecodingvideo 4K UHD pada 120frameper detik (fps).

Belum diketahuitipesmartphoneSamsung yang bakal tertanamchipExynos 980. Diprediksi,chipsetini dipakai di Galaxy A90 5G yang meluncur sehari berselang usai Exynos 980 diperkenalkan. Seturut namanya,smartphoneitu juga mendukung konektivitas 5G.

(tirto.identification –Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More