Teknologi

Ketahui Beda Empat Lensa Ponsel Quad Kamera – CNN Indonesia


Tren Teknologi

CNN Indonesia | Sabtu, 21/09/2019 12: 14 WIB

- Advertisement -

Ketahui Beda Empat Lensa Ponsel Quad KameraIlustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Dini Nur Asih)

Jakarta, CNN Indonesia — Ponsel dengan empat kamera belakang atau yang dikenal dengan sebutanquad digicamkini menjadi daya tarik tersendiri.Samsung,Huawei,Realme,Oppo, danVivo hanya segelintir vendor yang belakangan getol mengenalkan kehadiran empat kamera pada ponselnya.

Akan tetapi, masing-masing vendor memiliki ‘racikan’ masing-masing untuk keempat kamera yang diusung. Lensa utama merupakan fitur yang dipastikan selalu ada pada konfigurasi kamera ponsel. Selebihnya, vendor kerap menggunakan lensa sudut lebar (huge perspective), tele, hingga lensa monokromatik.

- Advertisement -

Konfigurasi dua, tiga, hingga empat kamera ponsel kini seakan menjadi hal wajib bagi vendor mengingat kamera menjadi salah satu fitur prioritas pembeli. Padahal faktanya, jumlah lensa bukan jaminan hasil foto akan baik. Kendati membantu, namun sensor kamera lebih memiliki peran penting ketimbang jumlah lensa.

Baca Juga:  Harga Rp 5 Jutaan, Ini Perbandingan Vivo V17 Pro dan Oppo Reno 2F, Ponsel dengan 4 Kamera - Tribun Manado

Mengutip berbagai sumber, berikut beda cara kerja masing-masing lensa kamera ponsel.

Lensa utama

Lensa utama biasanya memiliki fokus beragam, mulai dari f/1.5 hingga f/2.4 dengan bukaan lensa yang sama. Lensa utama kerap dibekali fiturOptical Image Stabilisation(OIS) untuk membantu pengguna merekam video yang stabil.

Fitur leisurely stream, hyperlapse, panorama merupakan bagian dari lensa utama ponsel. Seller kerap membenamkan lensa utama dengan sensor besar. samsung Galaxy A9 misalnya dibekali 24 MP, Realme 5 First charge dengan 48 megapiksel, dan Huawei P30 First charge dengan 40 MP.

Kendati demikian, tak selamanya pengguna mengambil gambar dengan pengaturan sensor maksimal karena memengaruhi memori penyimpanan dan daya tahan baterai. Untuk itu pengambilan gambar juga menyediakan opsi pengaturan sensor lebih kecil seperti 10 megapiksel.

Lensa lebar(huge lens)

Lensa sudut lebar (huge lens) menjadi salah satu pelengkap kamera utama ponsel. Sesuai namanya, lensa mampu mengambil gambar dengan sudut lebih lebar dari lensa utama.

Baca Juga:  Empat Laga Berlalu, Liga Inggris Sudah Tertebak - CNN Indonesia

Fokus lensa lebar bisa disesuaikan dengan aperture f/2.2 untuk mengambil gambar dengan sudut hingga 120 derajat.

Lensa zoom

Sesuai namanya, lensa ini akan menghasilkan perbesaran gambar pada kamera utama. Optical zoom menjadi salah satu pengaturan yang dibutuhkan lantaran pengguna tak perlu memotong (chop) tanpa menurunkan kualitas foto.

Umumnya ponsel dibekali maksimal 2x optical zoom. Belakangan beberapa vendor menghadirkan pengaturan 5x hingga 10x optical zoom untuk ponsel top charge.

Lensa telephoto

Lensa telephoto atau kerap dikenal dengan sebutan tele menghasilkan gambar dengan latar belakang diburamkan (blur) atau bokeh. Beberapa produsen menggunakan penamaan lensa potrait hingga dwell focal level untuk fungsi yang sama.

Pengguna bisa mengabadikan objek atau momen tertentu tanpa kehilangan component. Seller tertentu mengembangkan lensa tele untuk fitur ‘turunan’ misalnya dengan mengkonstumisasi seberapa besar dan latar belakang bagian mana saja yang hendak diburamkan.

Baca Juga:  Empat Pemain Argentina Bikin Enam Gol Tadi Malam - Gilabola.com

Umumnya pengguna harus mengatur jarak pada objek untuk membuat latar buram. Kendati demikian tak jarang peranti lunak (instrument) pendukung lensa tele tidak bisa membuat komposisi yang pas pada bagian foto yang seharusnya diburamkan.

Patut diingat beberapa vendor mengembangkan lensa tele yang membutuhkan pencahayaan memadai. Dengan kata lain, saat berada di tempat gelap atau kurang pencahayaan maka fitur ini tak bisa digunakan.

Lensa monokromatik

Jika lensa utama mengambil gambar dengan layout RGB untuk mengambil warna gambar yang dominan, maka tak demikian dengan lensa monokromatik. Sesuai namanya, lensa monokromatik akan mengambil gambar dalam layout hitam dan putih.

MengutipGeek Dashboard, hasil foto yang diambil dari lensa monokromatik lebih tajam pada intensitas cahaya tertentu.

[Gambas:Video CNN](ndn/evn)

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close