Berbagai Cara untuk Turunkan Kadar Asam Urat – WinNetNews

  • Whatsapp
Berbagai Cara untuk Turunkan Kadar Asam Urat – WinNetNews


Winnetnews.com – Menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh bisa mencegah datangnya penyakit asam urat. Bagi mereka yang sudah terlanjur mengidap penyakit ini, menurunkan kadar asam urat juga bisa mencegah datangnya gejala yang biasanya muncul di bagian persendian. Hanya saja, bagaimanakah cara untuk menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh?

Berbagai cara yang bisa dilakukan demi menurunkan zat asam urat

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan demi menurunkan kadar zat asam urat di dalam tubuh.

Baca Juga:  Ada Kado dari Jokowi untuk PNS Tahun Depan? - Kompas.com - KOMPAS.com

Berikut adalah berbagai cara yang bisa kita lakukan tersebut.

1. Membatasi konsumsimakanandengan kandungan purin yang tinggi

Penyebab utama dari munculnya masalah asam urat atau gejala serangan dari penyakit ini adalah makanan dengan kandungan purin yang tinggi. Purin inilah yang kemudian dimetabolisme oleh tubuh menjadi zat asam urat yang menumpuk di persendian seperti ibu jari kaki, pergelangan kaki, jari-jari tangan, dan lainnya. Jika jumlah zat asam urat ini terus menumpuk, maka akan menyebabkan peradangan yang berujung pada serangan asam urat.

Baca Juga:  Selain Berbagai Senjata, Ada Lambang ISIS dalam Tas Milik Pelaku Penyerangan Polsek Wonokromo - Surya

Beberapa jenis makanan tinggi purin yang sebaiknya mulai kita kurangi atau bahkan benar-benar dihindari adalah jeroan seperti hati, usus, otak, hingga paru baik itu dari daging unggas ataupun daging merah. Makanan laut layaknya kerang, cumi, udang, dan kepiting, daging merah, hingga beberapa jenis sayuran dan camilan layaknya emping juga sebaiknya dihindari.

Selain makanan tinggi purin, konsumsi minuman beralkohol dan minuman dengan kandungan gula tinggi juga sebaiknya dibatasi.

Baca Juga:  Paskibraka Nasional 2019 Putri Tak Jadi Pakai Celana Panjang? - Liputan6.com

2. Menerapkan pola makan yang sehat

Selain menurunkan asupan makanan dengan kandungan purin yang tinggi, kita juga harus menerapkan pola makan yang jauh lebih sehat. Sebagai contoh, beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan purin yang rendah, buah-buahan, olahan gandum, hingga produk susu dengan kandungan lemak yang rendah bisa dijadikan pilihan.

Mengonsumsi makanan-makanan sehat akan membantu tubuh menjalankan berbagai fungsinya dengan baik, termasuk bagi ginjal dalam membuang kelebihan zat asam urat di dalam tubuh.

Sumber

Pos terkait