Kesehatan

Keluarga Punya Peran Penting dalam Pencegahan dan Penanganan Diabetes – Tribunnews


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA– Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang umum diderita di Indonesia. Indonesia menduduki peringkat ke-7 penyandangdiabetesterbanyak di dunia dengan jumlah 10,7 juta.

Angka ini diperkirakan akan meningkat pada tahun 2045 menjadi 16,6 juta penyandang.

Selain itu, Indonesia juga menduduki peringkat ke-3 penyandang Toleransi Glukosa Terganggu atau prediabetes terbanyak dengan jumlah 29,1 juta pada tahun 2019, diperkirakan akan meningkat menjadi 35,7 juta.

Baca Juga:  Pria yang Serang Wiranto di Pandeglang Punya Istri Dua, Dikenal Tetangga Punya Tabiat Aneh - Tribunnews

Tahun 2045, yang mengindikasikan semakin tingginya paparan risikodiabetesdi Indonesia, khususnya Diabetes Tipe 2.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Endokrin Metabolik Diabetes di Perkumpulan Endokronologi Indonesia, Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD-KEMD, FACE, mengatakan,keluargaberperan penting dalam Deteksi, Cegahdiabetestipe 2 dan Tangani anggotakeluargadengandiabetes.

Baca Juga:  Bagaimana Sedikit Olahraga Dapat Hindari Kanker - Republika Online

“Dalam deteksi, peran keluarga adalah mengetahui gejala dan ciri diabetes untuk mempercepat penanganan dan mencegah komplikasi,” katanya di Jakarta belum lama ini.

Baca:Tips Mudah Mendeteksi Diabetes Sebelum Terlambat

Terutama, kata dia saatdiabetestipe 1 yang jika tidak dideteksi dini dapat menyebabkan disabilitas dan menimbulkan kematian.

Dalam pencegahandiabetestipe 2,keluargaberperan dalam memahami faktor risiko dan meningkatkan gaya hidup sehat.

Baca Juga:  Peneliti nilai pembangunan PLTU tidak pengaruhi langsung kesehatan - ANTARA

“Dalam penanganandiabetes,keluargasangat berperan dalam memastikan pengobatan, pemeriksaan kesehatan, gaya hidup sehat dan edukasi akan dijalankan terus menerus,” katanya.

Dalam hal pengobatan pada pasiendiabetestipe 1 maupun tipe 2, penderitadiabetesdan anggotakeluarga, perlu menyadari betapa pentingnya kepatuhan dalam pengobatandiabetesyang harus dilakukan seumur hidup, terutama untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. 

Baca Selengkapnya>>>

Tags
Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker