Berita Terkini

Kasus 39 Mayat Dalam Kontainer Truk: Polisi Inggris Total Tangkap 4 Terduga Pelaku – Internasional Kompas.com


LONDON, KOMPAS.com– Polisi Inggrismenangkap empat orang terduga pelakudalam kasus penemuan 39 mayatdi kontainertruk, dengan yang terakhir dibekuk di Bandara Stansted.

Pria berusia 48 tahun yang berasal dari Irlandia Utara ditangkap dengan tuduhan berkonspirasi menyelundupkan manusia dan pembunuhan.

Sebelumnya, polisi menyatakan mereka menangkap pria dan perempuan masing-masing berusia 38 tahun di Warrington, Cheshire, atas tuduhan yang sama.

Baca juga:Kasus 39 Mayat Dalam Kontainer Truk, Polisi Inggris Kembali Tangkap 2 Orang

Sopir truk juga ditahan setelah 39 mayat ditemukan dalam kontainer di Grays, Inggris, pada Rabu dini hari waktu setempat (23/10/2019).

Baca Juga:  Kasus DBD di Cianjur Naik, Satu Meninggal Dunia - Republika Online

DilansirSky DataJumat (25/10/2019), dia diketahui bernama Mo Robinson (25), asal Portadown di County Arnagh, Irlandia Utara.

Dalam keterangan penegak hukum, sebanyak 11 dri 39 jenazah itu diangkat dan dibawa ke Rumah Sakit Broomsfield untuk dilakukan pemeriksaa put up-mortem.

Seluruh mayat diprediksi bakal diangkat pada akhir pekan ini, dalam kasus yang dianggap terbesar sejak insiden Dover 2000 silam.

Kepolisian Essex menyatakan, mereka sebelumnya meyakini jenazah itu adalah warga negara China. Namun kini mereka berujar masih “melakukan pengembangan”.

Wakil Kepala Pippa Mills mengatakan, dia masih menunggu hasil pemeriksaa untuk menentukan dari negara mana para korban datang.

Baca Juga:  12 Nama Ini Sudah Dipanggil Jokowi ke Istana, Ada yang Batal - VIVA - VIVA.co.id

“Saya meminta jurnalis dan publik di sosial media untuk tak berspekulasi mengenai kewarganegaraan mereka yang terlibat dalam kasus ini,” tegasnya.

Pernyataan itu didasarkan kabar bahwa ada satu perempuan asal Vietnam yang diduga merupakan bagian dari korban tewas di kontainer truk.

Koordinator Human Rights Home Hoa Nghiem berujar, gadis itu diidentifikasi bernama TRa My, dan sempat mengirim serangkaian pesan sebelum kontainer itu ditemukan.

Setelah diterjemahkan, isi pesannya berbunyi permintaan maaf Tra kepada orangtuanya karena upayanya menyelundup tidak berhasil.

“Saya sekarat karena tidak bisa bernapas. Saya berasal dari Can Loc Ha Tinh, Vietnam. Ibu, saya sungguh minta maaf,” kata Tra.

Baca Juga:  Fakta Gempa Magnitudo 7,1 Berpotensi Tsunami Mengguncang Maluku Utara - Liputan6.com

Kontainertruk sampai di dekat Purfleet menumpang feri dari Pelabuhan Zeebrugge, Belgia, lebih dari satu jam sebelum ambulans datang pukul 01.40 waktu setempat.

Di Belgia, penyelidik setempat tengah mengumpulkan informasi untuk mencari tahu dari mana truk itu datang sebelum mencapai pelabuhan.

“Kami tengah melacak rute pelaku. Namun itu tidak gampang. Itu butuh waktu,” terang juru bicara kejaksaan Belgia, Eric Van Duyse.

Baca juga:Inggris Mulai Identifikasi 39 Mayat yang Ditemukan di Kontainer Truk

Sumber

Tags
Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker