Kesehatan

Kapan Waktu Terbaik untuk Mengonsumsi Buah? – 1Health


Apakah Anda suka mengonsumsi semangkuk salad buah segar setelah makan? Atau apakah Anda lebih suka menjadikan jus sebagai minuman segar teman makan siang Anda? Anda dapat makan buah dalam bentuk apa pun karena mengonsumsi buah yang kaya nutrisi memang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

- Advertisement -

Akan tetapi, masih banyak yang bertanya-tanya, apakah sebaiknya buah dimakan sebelum atau setelah makan? Apakah memakan buah secara utuh lebih baik daripada mengonsumsinya dalam bentuk jus? Dan masih banyak lagi keraguan lainnya yang menyangkut tentang konsumsi buah. Lalu sebenarnya, adakah rekomendasi khusus yang bisa diikuti ketika ingin mengonsumsi buah-buahan?

Baca Juga:  Ini Bahayanya Batuk yang Timbul Karena Merokok - WinNetNews

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makan buah yang bisa Anda ikuti agar lebih mengoptimalkan manfaat buah yang telah Anda konsumsi:

1. Buah-buahan sangat baik dimakan saat perut kosong

- Advertisement -

Pada dasarnya ketika Anda makan buah-buahan, tubuh menciptakan enzim untuk mencerna nutrisi. Ketika Anda memakan buah dalam keadaan perut kosong, tubuh hanya membutuhkan lebih sedikit waktu untuk mencernanya dan nutrisi di dalam buah dapat diserap tubuh dengan sangat mudah.

2. Jangan makan buah setelah makan besar

Jika Anda ingin makan buah setelah makan, beri jarak sekitar 2-3 jam. Dibutuhkan waktu yang lama bagi tubuh untuk mencerna buah yang dikonsumsi setelah makan besar. Ini bisa menyebabkan fermentasi di perut Anda dan menciptakan masalah seperti gangguan pencernaan.

Baca Juga:  Pencegahan Penyakit AIDS, Plt Bupati Minta Unsur Terkait Lebih Reaktif - RMOL Jateng

3. Kapan waktu terbaik untuk makan buah?

Kapan sebaiknya buah dimakan? Ahli gizi mengatakan bahwa Anda bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dari buah-buahan jika ini dimakan di pagi hari saat perut masih kosong. Jika ini sulit Anda lakukan, maka makanlah buah di celah antara sarapan dan makan siang.

4. Cara terbaik mengonsumsi buah

Jika Anda melakukan weight reduction program, maka makanlah buah-buahan dalam bentuk salad saat makan siang, atau Anda juga bisa mencampur irisan buah dengan yoghurt. Tetapi jika Anda memiliki masalah asam lambung, maka cobalah untuk menghindarinya.

Baca Juga:  Jelang Pergantian Musim, Dinkes Kabupaten Kediri Imbau Masyarakat Mulai Waspada DBD - FaktualNews.co

5. Jus buah baik untuk anak

Anak-anak kerap kali sulit untuk makan buah. Oleh karena itu, membuat buah ke dalam bentuk jus atau smoothie sangat direkomendasikan, karena ini akan lebih menarik dan lebih mudah untuk dikonsumsi oleh anak. Dengan begini, anak tetap akan mendapat manfaat kesehatan dari buah-buahan.

Article By Claudia Ramadhani

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close