Beranda » Bisnis » Jokowi akan Terbang ke Korsel, Selamatkan Krakatau Steel? – CNBC Indonesia

Jokowi akan Terbang ke Korsel, Selamatkan Krakatau Steel? – CNBC Indonesia

by Jefri Kurniawan
Jokowi akan Terbang ke Korsel, Selamatkan Krakatau Steel? – CNBC Indonesia


Jakarta, CNBC Indonesia –PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) mengungkapkan Posco, perusahaan baja asal Korea Selatan, akan berinvestasi kembali di Cilegon. Rencana ini terjadi di saat KRAS dalam proses restrukturisasi bisnis dari persoalan keuangan yang sedang berdarah-darah selama bertahun-tahun.

Direktur Utama PT Krakatau Steel, Silmy Karim mengungkapkan Presiden Jokowi akan turun langsung ke Korea Selatan sebelum 2019 berakhir.
“Setelah proses restrukturisasi Krakatau Steel selesai, InsyaAllah, bulan November ini ada rencana Pak Jokowi ke Korea. Kita akan menandatangani investasi 10 juta ton dengan Posco di Cilegon,” kata Silmy di Jakarta, Rabu (4/9)


Silmy memang tak menjelaskan lebih lanjut soal rencana investasi Posco ini apakah perluasan atau kelanjutan dari rencana investasi Posco sebelumnya. Sebelumnya KRAS dan Posco sudah menjalin kerja sama. 

Baca Juga:  Sampai Kapan Startup Unicorn RI Pakai Strategi Bakar Uang? - CNBC Indonesia

Keduanya berkolaborasi membentuk usaha patungan bernama PT Krakatau Posco. Perusahaan patungan ini membangun pabrik baja baru di sekitar komplek industri KRAS di Cilegon, Banten. Pada laman perusahaan, disebutkan konstruksi pembangunan dimulai pada tahun 2011 dan selesai dalam waktu 36 bulan dengan teknologi Blast Furnace pertama di Indonesia.



Produksi komersial telah dimulai pada awal 2014, siap melayani pasar baja Indonesia dan menjadi perusahaan baja handal dan paling kompetitif di pasar baja regional. 
Pabrik ini memproduksi slab baja, pelat baja, pengecoran dan pengolahan baja, produk slab dan lainnya.
Selain persoalan Posco, Silmy mengatakan saat ini perseroan fokus pada proses restrukturisasi keuangan dan organisasi di KRAS. Ia berjanji proses restrukturisasi tetap berjalan dengan baik, sehingga KRAS bisa keluar dari persoalan keuangan yang pelik.

Baca Juga:  Saingan Yamaha X-Ride dan Honda BeAT Street Muncul Suzuki Nex II Motard - Semua Halaman - Motor Plus

Selain itu, proyek-proyek mangkrak di KRAS akan segera bereskan. Selain itu, persoalan in-efisiensi, hingga masalah dengan laporan BPK dan BPKP tahapannya akan tetap dijalani oleh perseroan.

“Masa Krakatau Steel ceritanya jelek terus. Restrukturisasi dan sebagainya dijalankan dengan baik,” tegas Silmy.

(hoi/hoi)

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More