Kesehatan

Jangan Sentuh 6 Bagian Tubuh Ini dengan Jari Anda! – 1Health


Saat terasa gatal di kulit, satu hal yang secara tak sadar kita lakukan ialah langsung menggaruknya. Garukan memang terasa sangat memuaskan, sayang ini tak baik untuk kulit Anda.

- Advertisement -

Sebetulnya, ada pula beberapa bagian tubuh yang sebaiknya tidak kita sentuh dengan jari-jari kita. Ini karena tanpa kita ketahui, jari-jari kita menyimpan banyak bakteri, yang bisa menyebabkan masalah jika bersentuhan dengan anggota tubuh lain tanpa dibersihkan terlebih dahulu.

Berikut ini merupakan 6 bagian tubuh yang tidak boleh sembarangan disentuh dengan jari-jari dan kuku Anda yang kotor:

Telinga bagian dalam

- Advertisement -

Pastikan Anda tidak memasukkan atau mengorek telinga dengan jari-jari terlebih kuku Anda. Ini karena melakukannya, bisa meningkatkan risiko kuku merobek kulit tipis yang melapisi saluran telinga. Ini bahkan bisa berujung pada infeksi telinga yang tidak Anda harapkan.

Baca Juga:  Wanita, Awas Ya! Kebiasaan Buruk Ini Jadi Pemicu Osteoporosis Dini - IDN Times Sumatera Selatan

Wajah

Menyentuh wajah dengan jari-jari kita sangat tidak disarankan, sebab jari-jari kita membawa bakteri yang bisa menyebabkan masalah di kulit. Bakteri-bakteri ini bisa menyumbat pori-pori yang pada akhirnya menyebabkan masalah jerawat terutama pada kulit sensitif.

Bokong

Sekalipun bokong Anda terasa sangat gatal, ada baiknya jangan menggaruknya dengan jari-jari Anda. Bakteri yang terdapat di jari-jari Anda, bisa memperparah kondisi gatal di bokong Anda, atau malah mengundang masalah lain untuk timbul.

Baca Juga:  Jangan Unduh ! Aplikasi Android Ini Ternyata Bikin Kantong Jebol ! – Eratekno News - Eratekno News

Mata

Dengan menggunakan tangan dan jari untuk menggosok atau mengucek mata, ini hanya akan menyebabkan berbagai infeksi mata. Bakteri-bakteri penyebab penyakit yang bersemayam di jari-jari Anda, bahkan bisa menyebabkan konjungtivitis. Jadi, pastikan Anda tidak menyentuh mata Anda dengan jari-jari yang kotor.

Hidung bagian dalam

Mengorek hidung dengan jari, bisa menjadi kenikmatan tersendiri bagi beberapa orang guna menyingkirkan kotoran hidung. Padahal, menurut penelitian sekitar 51% orang yang mengorek hidung dengan jarinya lebih cenderung membawa bakteri Staphylococcus ke dalam saluran hidung mereka.

Baca Juga:  5 Manfaat Makanan Probiotik Buat Si Kecil - VIVA - VIVA.co.id

Bagian bawah kuku

Ini adalah bagian paling kotor dari tubuh kita. Tanpa disadari, bagian bawah kuku kita merupakan tempat yang nyaman untuk para kuman, bakteri jahat yang termasuk spesies Staphylococcus dan banyak virus untuk tinggal. Dan saat Anda mengorek bagian bawah kuku dengan jari Anda, otomatis segala jenis mikroba juga akan pindah ke jari-jari Anda.

Article By Claudia Ramadhani

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close