Kesehatan

Jangan Main Ponsel di Kamar Mandi, Bisa Sebabkan Wasir! – HiMedik.com – himedik.com

Membawa smartphone ke bathroom. (shutterstock)

Himedik.com –Tak sedikit orang yang membawaponselke kamar mandi. Padahal sudah lamadoktermemperingatkan hal ini tidak baik untuk kesehatan

- Advertisement -

Menurut dokter, duduk berlama-lama dibathroombisa menyebabkan wasir. Berlama-lama duduk di bathroom bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah anus di rektum bawah, begitu pun saat mengejan ketika buang air besar.

Baca Juga:  HTC Meluncurkan Ponsel Blockchain Kedua - Selular.ID

Jadi, risiko terkena wasir akan meningkat jika Anda duduk lama di bathroom.  Wasir dibedakan menjadi dua. Yaitu, wasir internal atau yang terjadi di dalam rektum dan wasir eksternal atau yang terjadi di bawah kulit di sekitar anus.

Dilansir darimedicaldaily,penyebab umum wasir adalah mengejan berlebihan saat buang air besar. Hal ini karena jaringan pendukung pada bantalan anal hancur.

- Advertisement -

Namun akhir-akhir ini, smartphone telah dikaitkan dengan wasir. Misalnya, seseorang bisa begitu asyik mengoperasi ponsel saat di bathroom hingga membuatnya duduk lama. Bahkan hal ini disebut toilet newspaper syndrome.

Ilustrasi tidak rutin buang air besar bisa menyebabkan masalah pencernaan. (Shutterstock)
Ilustrasi tidak rutin buang air besar bisa menyebabkan masalah pencernaan. (Shutterstock)

Baca Juga:  Penderita HIV/AIDS di Luwu Hampir Tembus 100 Orang, Ada ASN dan Pelajar - SINDOnews.com

Menurut Dr Maheshinder Singh, Konsultan Jenderal dan Ahli Bedah Kolorektal di Pantai Medical Heart, Kuala Lumpur, Malaysia, membawa ponsel ke bathroom bisa membuat orang berisiko terkena wasir.

Meski yang dibaca bukan koran, melainkan mengotak-atik smartphone, frasa ini dianggap masih relevan karena perilaku di baliknya tetap sama. Dr Singh pun menyarankan jangan membawa arrangement apapun ke kamar mandi, termasuk smartphone.

Baca Juga:  Daftar ponsel Xiaomi yang menerima update MIUI 11 - tek.id

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close