Beranda » Kesehatan » Jangan Anggap Sepele, 8 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Rambut Rontok – Wowkeren Media

Jangan Anggap Sepele, 8 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Rambut Rontok – Wowkeren Media

by Bahri Mupti
1 views
Jangan Anggap Sepele, 8 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Rambut Rontok – Wowkeren Media


Jangan Anggap Sepele, 8 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Rambut Rontok

Rambut rontok diawali dengan gejala penipisan rambut yang dapat terjadi secara tiba-tiba atau bertahap. Banyak faktor yang dapat menyebabkan siklus pertumbuhan rambut terganggu, hingga berakibat pada rambut rontok.

  • Tim WowKeren
  • Sep 3, 2019

WowKeren
Rambut rontok adalah salah satu mimpi buruk yang ditakuti tak hanya kaum hawa tapi juga pria. Jumlah rambut seseorang akan lepas atau rontok sekitar 50-100 helai setiap harinya. Hal ini customary, karena terdapat juga rambut yang tumbuh setiap harinya. Namun lain halnya jika rambut yang rontok sangat berlebihan dan malah menimbulkan kebotakan.

Rambut rontok diawali dengan gejala penipisan rambut. Penipisan ini dapat terjadi secara tiba-tiba atau juga secara bertahap. Kerontokan rambut dapat terjadi hanya pada kulit kepala atau seluruh tubuh dan bisa berlangsung sementara atau bahkan permanen.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan siklus pertumbuhan rambut terganggu, hingga berakibat pada rambut rontok. Rambut rontok yang terjadi secara tiba-tiba bisa jadi karena penyakit atau obat tertentu, pola makan yang tidak sehat, dan setelah melahirkan. Namun ada juga rambut rontok yang terjadi secara bertahap paling sering disebabkan oleh keturunan.

Selain itu ada juga kebiasaan sepele yang rupanya bisa menimbulkan rambut rontok loh. Penasaran apa saja? Berikut timWowKerenrangkum 8 kebiasaan sepele yang bisa membuat rambut rontok. Yuk disimak!

1. Mengikat Rambut Terlalu Kencang Ternyata Bisa Bikin Rambut Rontok


Mengikat Rambut Terlalu Kencang Ternyata Bisa Bikin Rambut Rontok

Mengikat rambut dengan kencang akan memberikan tekanan berlebih pada folikel rambut, yang tentunya tidak baik bagi kesehatan folikel rambut. Bahkan tekanan berlebih pada folikel bisa menimbulkan luka yang bajak menimbulkan kerusakan secara permanen dan membuat rambut tidak akan tumbuh lagi.

Baca Juga:  Jangan Biasakan Makan yang Sama Tiap Hari - Republika Online

Nah karena itu, sebaiknya kalian hindari mengikat rambut terlalu dengan kencang terlalu sering apalagi terutama saat tidur. Mengikat rambut ketika masih dalam keadaan basah juga tidak disarankan, karena bakal memicu tumbuhnya jamur yang bisa menimbulkan infeksi pada kulit kepala.

2. Tidak Disarankan Untuk Sering Keramas Pakai Air Hangat


Tidak Disarankan Untuk Sering Keramas Pakai Air Hangat

Meskipun keramas dengan air hangat bisa membantu penyerapan sampo lebih baik, namun keramas menggunakan air hangat bisa membuat akar rambut kalian cepat rusak loh. Hal ini karena suhu panas membuat akar rambut jadi mudah patah, rontok, dan kering.

Air hangat bisa menyebabkan dehidrasi batang rambut. Akhirnya rambut akan rapuh, patah dan rontok. Air hangat juga akan membilas minyak alami rambut yang menyebabkan kulit rambut jadi kering dan merusak akar rambut.

3. Menyisir Rambut Saat Rambut Basah Juga Membuat Rambut Jadi Rontok


Menyisir Rambut Saat Rambut Basah Juga Membuat Rambut Jadi Rontok

Para kaum hawa biasanya menyisir rambut mereka saat masih basah sehabis keramas. Pasalnya, rambut yang basah akan sangat mudah disisir dan tidak menimbulkan kusut. Padahal menyisir rambut saat basah justru makin memperbesar kerontokan.

Menyisir dalam kondisi rambut basah setelah keramas dapat memberikan tekanan berlebih pada rambut yang menyebabkan patahnya atau kerontokan rambut. Bisa jadi kerontokan atau patahnya rambut bukan karena rambut kekurangan nutrisi, melainkan karena menyisir di waktu yang tidak tepat sehingga menimbulkan persepsi sedang mengalami masalah rambut.

Baca Juga:  Messi: Jangan Takut, Barcelona Bisa Berjaya Tanpa Neymar - Bolasport.com

4. Jangan Terlalu Sering Pakai Hairdryer Jika Tak Mau Rambut Rontok


Jangan Terlalu Sering Pakai Hairdryer Jika Tak Mau Rambut Rontok

Menggunakan panas langsung pada rambut yang basah seperti hair dryer akan menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada rambut. Rambut yang terus-menerus terkena hawa panas dari hair dryer akan menyebabkan rambut kering, kasar dan tidak subur sehingga menimbulkan kerontokan.

Selain itu, pori-pori di permukaan kulit kepala akan terbuka jika kita menggunakan hair dryer secara berlebih. Gunakanlah pengaturan panas terendah saat berpindah dari satu bagian ke bagian lainnya. Keringkan rambut perlahan dan jangan mencoba menambah panas untuk mempercepat prosesnya.

5. Diet Berlebihan Ternyata Bisa Jadi Penyebab Rambut Rontok


Diet Berlebihan Ternyata Bisa Jadi Penyebab Rambut Rontok

Kalau kalian tidak melakukan kebiasaan di atas namun masih mengalami kerontokan bisa jadi itu karena diet yang kalian jalani. Rambut rontok berhubungan dengan penurunan berat badan yang drastis, dan penurunan berat badan juga terkait dengan stres.

Penyebab kerontokan rambut saat diet adalah nutrisi. Menurut beberapa ahli, asupan protein yang rendah dapat menyebabkan rambut rontok. Diet rendah kalori juga tidak memberikan nutrisi yang cukup untuk memungkinkan tubuh kalian termasuk folikel rambut, berfungsi customary. Alhasil, rambut kalian akan berguguran satu per satu.

6. Ingat Jangan Sering Gonta-ganti Shampo Agar Rambut Tak Rontok


Ingat Jangan Sering Gonta-ganti Shampo Agar Rambut Tak Rontok

Setiap orang memang membutuhkan kebutuhan nutrisi rambut yang berbeda. Oleh karena itu, banyak orang yang cenderung berganti shampo untuk menemukan yang terbaik. Namun dalam beberapa kasus, gonta-ganti shampo justru menyebabkan kerusakan termasuk rontok.

Baca Juga:  Rins: Suzuki Jangan Dulu Pikirkan Persaingan Gelar Juara di 2020 - detikSport

Ada risiko salah memilih produk saat kalian sedang gonta-ganti sampo. Nah, kesalahan yang terjadi saat memilih sampo bisa menyebabkan rambut rontok dan terlihat lebih tipis. Hal ini bisa terjadi sebagai dampak dari zat kimia pada sampo yang terlalu banyak diserap rambut. Alhasil, rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

7. Terlalu Sering Keramas Bisa Sebabkan Rambut Rontok


Terlalu Sering Keramas Bisa Sebabkan Rambut Rontok

Keramas terlalu sering justru akan membuat rambut kehilangan kelembaban alaminya. Saat rambut kehilangan kelembaban alaminya, kulit kepala jadi kering dan begitu pula dengan rambut. Nah rambut yang kering juga mudah rapuh dan patah.

Hal ini disebabkan oleh terlalu seringnya rambut terkena sampo yang berefek buruk kepada rambut. Biasanya rambut yang basah sangat mudah rapuh bahkan patah. Oleh karena itu, kalian juga harus menghindari menyisir rambut ketika masih basah karena ketika akar rambut menjadi sering basah, hal itu menyebabkan rambut menjadi lebih mudah rontok.

8. Terlalu Keras Menggaruk Kepala Rentan Mengalami Kebotakan


Terlalu Keras Menggaruk Kepala Rentan Mengalami Kebotakan

Jika kalian suka menggaruk kulit kepala akibat rasa gatal karena ketombe, hal ini akan membahayakan dan menjadi awal masalah kerontokan rambut. Hal ini karena kalian menggaruk kulit kepala terlalu keras, maka fungsi akar rambut akan melemah. Nah jika terus-menerus dilakukan maka akan menyebabkan kebotakan.

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More