Bisnis

Ini Yang Bikin Cadangan Devisa Indonesia Turun US$ 2,1 M – CNBC Indonesia


Jakarta, CNBC Indonesia –Cadangan devisa (cadev) Indonesia pada akhir September berada di US$ 124,3 miliar. Turun lumayan dalam yaitu US$ 2,1 miliar dibandingkan bulan sebelumnya.

- Advertisement -

Bank Indonesia (BI) melaporkan, posisi cadangan devisa pada akhir September setara dengan pembiayaan 7,2 bulan impor atau 7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Masih berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Penurunan ini berbanding terbalik dengan perkiraan Buying and selling Economics yang memprediksi cadev Indonesia akan naik ke stage US$ 126,7 miliar pada September sebagai akibat stabilnya nilai rupiah di stage 14.190 per dolar AS.

Baca Juga:  Mitsubishi Xpander Diproduksi di Vietnam Tahun 2020, Ekspor Dari Indonesia Berkurang? - GridOto.com

- Advertisement -

Penurunan cadangan devisa pada September 2019 tersebut terutama dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah dan berkurangnya penempatan valas perbankan di Bank Indonesia. Pemerintah tercatat telah membayar bunga utang sebesar Rp 172,4 triliun atau 62,49% dari scheme yang ditetapkan dalam alokasi kas negara Rp 275,8 triliun, sejak Januari – Agustus 2019.

Baca Juga:  Promo di Giant Akhir Pekan Ini, Cek Harganya - KOMPAS.com

Sementara itu berkurangnya penempatan valas perbankan di Bank Indonesia kemungkinan besar diakibatkan oleh penyaluran kredit ke pihak ketiga maupun perbankan lain seiring dengan penurunan BI 7 Day Reverse Repo Price sebesar 25 foundation poin ke 5,25% yang menstimulus penyaluran kredit. Bank Indonesia telah menurunkan BI 7DRRR tiga kali berturut-turut dalam tahun ini dari Juli-September.

Baca Juga:  KPR Syariah Makin Diminati Milenial, Apa Sebabnya? - Kompas.com - KOMPAS.com

Ketika BI 7DRRR turun ada kemungkinan monetary institution-monetary institution Indonesia berpikir ulang untuk menempatkan uangnya di BI karenareturnyang diperoleh juga menurun. Selain itu menguatnya dolar juga jadi salah satu pemicu perbankan untuk lebih menyalurkan kredit valas ke pihak ketiga maupun perbankan lain karena dinilai lebihprofitable.

TIM RISET CNBC INDONESIA(twg/twg)

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close