Olahraga

Indonesia Vs Malaysia, Prosedur Keamanan Telah Disiapkan – Kompas.com – KOMPAS.com


JAKARTA, KOMPAS.com– Prosedur pengamanan pertandingan Kualifikasi Piala Dunia Grup G antara Indonesia dan Malaysia telah disiapkan.

- Advertisement -

Pertandingan Indonesia vs Malaysiaakan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Dikutip dari laman PSSI, Federasi sepak bola Malaysia dan perwakilan Kepolisian Malaysia menilai positif strategi dan rencana pengamanan yang disiapkan Kepolisian Daerah Metro Jaya.

“Pihak kepolisian akan memberi pengamanan maksimal sesuai dengan prosedur sejak kedatangan tim maupun suporter,” kata Head of Infrastructure security and Security PSSI, Nugroho Setiawan, Rabu (28/8/2019).

- Advertisement -

“Selama mereka ada di sini dan sampai mereka pulang. Prosedur ini juga berlaku untuk tim Indonesia dan suporternya,” ucap Nugroho.

Baca juga:Jelang Indonesia Vs Malaysia, Tim Harimau Malaya Pakai Jasa Psikolog

Baca Juga:  Usai Jadi Juara Dunia, Hendra Setiawan Enggan Muluk-Muluk di China Open - detikSport

Menurut Nugroho, masalah keamanan menjadi anguish utama karena Indonesia dan Malaysia memiliki sejarah rivalitas sepak bola yang kuat dan penuh emosional.

Terkait dengan hal ini, PSSI bersama perwakilan FAM dan perwakilan Kepolisian Malaysia juga telah mengadakan pertemuan khusus dengan Polda Metro Jaya.

“Pertemuan ini untuk memastikan lagi dan mematangkan strategi pengamanan. Pihak Malaysia cukup mengapresiasi dengan prosedur pengamanan yang disiapkan,” kata Nugroho.

Dalam pertemuan ini, PSSI diwakili Nugroho Setiawan dan stafnya. Pertemuan dengan delegasi Malaysia ini merupakan yang kali kedua.

Sebelumnya, perwakilan delegasi Malaysia juga sudah diterima Sekretaris Jenderal PSSI pada tanggal 20 Agustus 2019.

Harga Tiket

Harga tiket laga Indonesia vs Malaysia sudah diumumkan.

Beberapa pekan jelang pertandingan, PSSI sudah mengumumkan daftar harga tiket berbagai kategori.

Baca Juga:  Kabar Bruno Matos Dilepas Macan Kemayoran, Pindah ke Persib atau Persebaya, Ini Kata CEO Persija - Pos Kupang

Banyak yang menilai harga tiket Indonesia vs Malaysia ini kemahalan. Hal itulah yang diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Melalui akun Instagramnya, Minggu (25/9/2019), Imam mengunggah gambar yang menampilkan komentar sejumlah pengguna medsos yang mengeluhkan harga tiket laga Indonesia vs Malaysia.

Karena merasa bukan kewenangannya, Imam pun melemparkan keluhan warga tersebut ke PSSI.

PSSI menyampaikan pembelaannya lewat keterangan tertulis pada Senin (26/8/2019).

Baca juga:Jelang Indonesia Vs Malaysia, Pelatih Tim Tamu Bicara Naturalisasi

Deputi Sekretaris Jenderal PSSI, Marshal Masita mengatakan, harga tiket sudah disesuaikan dengan standar pelayanan yang akan diberikan kepada suporter.

Untuk kategori 1 jumlah tiket yang dilepas sebanyak 21.045 (28 persen), kategori 2 sebanyak 13.104 (17 persen) dan kategori 3 sebanyak 32.284 lembar (43 persen).
“Prinsip kita adalah dari suporter untuk suporter. Kita sadar bahwa suporter bagian penting dari sepak bola Indonesia,” kata Marshal dikutip dari keterangan tertulis PSSI.

Baca Juga:  MotoGP Malaysia: Marquez Bisa Kembali Rusak Rekor Lorenzo - CNN Indonesia

Untuk asuransi, PSSI bekerja sama dengan Mandiri In Health yang akan menanggung seluruh biaya bila terdapat suporter yang mengalami kecelakaan atau meninggal dunia saat menyaksikan pertandingan di stadion.

Asuransi kesehatan dan polis bagi suporter dari Mandiri In Health akan berlaku untuk para suporter di stadion.

“Santunan akan diberikan jika supporter mengalami meninggal karena sakit, meninggal karena kecelakaan, cacat karena kecelakaan dan menjalani perawatan karena kecelakaan di stadion,” kata Marshal.

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close