Beranda » Berita Terkini » Indonesia Re jadi BUMN reasuransi pertama gelar rapat di atas kapal – Kontan

Indonesia Re jadi BUMN reasuransi pertama gelar rapat di atas kapal – Kontan

by Ulpatul
Indonesia Re jadi BUMN reasuransi pertama gelar rapat di atas kapal – Kontan

ILUSTRASI. Indonesia Re gelar rapat di atas kapal

KONTAN.CO.ID – JAKARTA.BUMN reasuransi, Indonesia menyelenggarakan rapat industri asuransi dan reasuransi bertajuk Marine On-Board di atas kapal Pelni dengan rute Jakarta-Surabaya, pada tanggal 30 Agustus-1 September 2019. Rapat yang membahas asuransi marine hull ini menjadi rapat industri asuransi dan reasuransi pertama di Indonesia yang digelar di atas kapal. 

Fashioned Reinsurance CEM and Administration Division Head Arie Surya Nugraha mengatakan, pihaknya berinisiatif untuk menyelenggarakan rapat di atas kapal tak lain agar para ceding dapat meninjau langsung kondisi di lapangan.

Baca Juga:  Indonesia Terpilih Jadi Anggota Dewan HAM PBB Periode 2020-2022 - KOMPAS.com

“Kami ingin memberikan nilai tambah,expertiseyang berbeda kepada para ceding firm karena dengan terjun langsung ke lapangan, kita semua akan mendapatkan bayangan langsung seputar seluk belukmarine hull,” ujar Arie dalam keterangannya, Rabu (4/9).

Baca Juga:Menteri BUMN Rini rombak susunan komisaris Indonesia Re

Dengan mengusung tema ‘Insufficient Tugs Vitality vs Unseaworthiness’, Marine On-Board merupakan platform strategis untuk mensosialisasikan isu-isu penting terkait Marine Hull, khususnya pemicu dari klaim-klaim yang acap timbul karena kecelakaan kapal tug boat atau kapal barge.  

Baca Juga:  Timnas U-23 Indonesia Fokus Taktik Menyerang Jelang Turnamen di China - Bolasport.com

Pasalnya, cuaca buruk kerap menjadi kambing hitam terjadinya kecelakaan. Namun, setelah ditelusuri lebih lanjut, kecelakaan kapal biasanya terjadi karena kekuatan tarikan tug boat tidak dapat mengimbangi tonase kapal yang ditariknya. 

Tug boat adalah kapal yang berfungsi sebagai kapal penarik (towing) atau kapal pendorong (pusher) kapal barge yang umumnya digunakan untuk mengangkut barang seperti batubara, peti kemas, dan bahkan kendaraan.

Baca Juga:  5 Fakta Lengkap Video Viral Bu Guru Astiah Dikeroyok Wali Murid, Kasus Lain Sampai Masuk Rumah Sakit - Surya

Standar kekuatan tarikan tug boat adalah 2 x 1.200 tenaga kuda, dengan kapasitas tarikan beban hingga 30 ton. Fakta di lapangan, masih banyak tug boat dengan kekuatan tarikan dibawah standar yang memaksakan beroperasi, sehingga bila terjadi gelombang yang cukup tinggi, baik tug boat maupun barge berisiko tinggi kandas.

Reporter: Yudho Winarto
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More