Teknologi

Hati-Hati, iOS 13 Masih Bisa Diretas Lho! – CNBC Indonesia

Hati-Hati, iOS 13 Masih Bisa Diretas Lho!Foto: Darkish Mode iOS 13 di Apple iPhone. (Foto: CNBC/Todd Haselton)

           <div>

               <strong>Jakarta, CNBC Indonesia -</strong>Meski iOS 13 belum dirilis hingga 19 September, ditemukan potensi peretas bisa melihat kontak bahkan ketika iPhone dalam kondisi terkunci.

Dilansir dariPhone Arena, peneliti keamanan Jose Rodriguez melalui video Youtube memamerkan temuan yang ditemukannya pada sistem operasi seluler Apple.

- Advertisement -

Dengan melakukan panggilan FaceTime dan kemudian mengaktifkan fitur Siri VoiceOver, pengguna iPhone dapat memperoleh akses ke daftar kontak di ponsel pintar tersebut.

Baca Juga:  Top 4 Berita Pilihan: Realme X2 Pro, Google Pixel 4 dan Rekaman Suara Mars - Hitekno.com - hitekno.com

Hal ini dapat memberikan peretas daftar nomor telepon, alamat e-mail, alamat jalan, dan lainnya semua tanpa membuka kunci perangkat.

Hati-Hati, iOS 13 Masih Bisa Diretas Lho!Foto: Darkish Mode iOS 13 di Apple iPhone. (Foto: CNBC/Todd Haselton)

Meski foto-foto pemilik ponsel masih dilindungi, VoiceOver memungkinkan Siri membaca teks yang muncul di layar iPhone dan dianggap sebagai fitur aksesibilitas bagi mereka yang buta atau menderita gangguan penglihatan.

- Advertisement -

“Saya sudah mengirimkan video yang menunjukkan kerentanan tersebut kepada Apple pada 17 Juli,” kata Rodriguez dilansir Sabtu (14/09/2019).

Baca Juga:  Honor Play 3 Meluncur, Penantang Redmi Note 8 di Segmen Entry Level - Kompas.com - Tekno Kompas.com

Namun hal tersebut masih muncul dalam versi Gold Master (GM) iOS 13 yang akan disebarluaskan minggu depan. Menggunakan versi GM iOS 13 pada iPhone X, The Verge mampu menduplikasi pintasan kunci layar. Tahun lalu, Rodriguez menemukan eksploitasi serupa di iOS 12.1 yang memungkinkan peretas tidak hanya bisa mengakses kontak pengguna telepon, tetapi juga fotonya.

Apple kemudian menambal masalah ini di pembaruan berikutnya. VoiceOver juga berperan dalam eksploitasi serupa lainnya yang memungkinkan peretas untuk melihat kontak pengguna iPhone dengan iOS 8 diinstal.

Baca Juga:  Narendra Modi Masih Ngotot Tak Mau Teken Perjanjian Dagang - CNBC Indonesia

Seperti yang Rodriguez temukan tahun lalu, kerentanan iOS 13 yang baru mengharuskan peretas untuk memegang iPhone target cukup lama untuk menyelesaikan seluruh proses. Ini juga membutuhkan ponsel kedua untuk memulai panggilan FaceTime dengan iPhone target.

Sebelum diluncurkan pada 30 September mendatang, Apple diharapkan memiliki eksploit ini ditambal di iOS 13.1.

(dru)

           </div>






       </div><br><a href="https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190914124606-37-99461/hati-hati-ios-13-masih-bisa-diretas-lho" class="crf_nowrap button purchase" rel="nofollow noopener noreferrer" target="_blank">Sumber</a>

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close