Bisnis

Harga Global Naik, Saham Batu Bara Mulai Bergeliat – CNBC Indonesia


Jakarta, CNBC Indonesia– Kenaikan harga batu bara di tingkat world berdampak positif terhadap harga saham emiten-emiten berbasis tambang tersebut di bursa efek. Sejak pertengahan minggu lalu harga batu bara yang menjadi acuan secara world yakni ICE Newcastle kontrak Oktober naik hingga 4,2%.

- Advertisement -

Secara harga, kemarin ditutup di angka US$ 68,5/metrik ton atau menguat 0,8% secara harian, yang merupakan level tertinggi sejak 14 Agustus lalu. Sejak awal tahun, harga komoditas andalan ekspor Indonesia tersebut mengalami penurunan hingga lebih dari 30%.

Baca Juga:  Skutik 115 cc untuk Bertualang, Suzuki NEX II Cross - Detikcom

Peningkatan permintaan akan batu bara diprediksi masih akan terjaga. Terutama datang dari India dan juga beberapa negara Asia lainnya yang masih akan tetap menjadi pendongkrak industri batu bara.

Di bursa, indeks sektor pertambangan sepanjang 4 hari terakhir menguat hingga 4,7% akibat kenaikan beberapa komoditas termasuk batu bara. Jika penguatan tersebut berlanjut dalam beberapa pekan ke depan, bukan tidak mungkin kinerja sektor pertambangan akan positif, yang mana kinerjanya masih negatif sebesar 5,5% sejak awal tahun.

- Advertisement -

Kenaikan harga jual batu bara sangat berdampak terhadap emiten batu bara di bursa, karena akan berpengaruh pada pendapatan yang meningkat, sehinggacash driftmenjadi lebih positif dan labanya jadi semakin membesar.

Baca Juga:  Harga Terbaru HP Samsung di Bulan Oktober 2019, Mulai Galaxy A10s hingga Galaxy S10 Ada di Sini! - Tribunnews

Berikut kinerja saham-saham emiten batu bara dalam sepekan:

No Kode Emiten Kinerja Sepekan (%)
1 ADRO 17,33
2 PTBA 3,23
3 ITMG 9,61
4 ZINC 6,24
5 INDY 8,51

Sumber: BEI (diolah)TIM RISET CNBC INDONESIA(yam/hps)

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close