Bisnis

Harga Emas Dunia Melonjak 1 Persen Lebih – Kompas.com – KOMPAS.com


CHICAGO, KOMPAS.com– Harga emasberjangkadi divisi COMEX Contemporary York Mercantile Substitute melonjak pada akhir perdagangan Senin (23/9/2019) waktu setempat atau Selasa pagi WIB.

- Advertisement -

Kenaikan itu karena investor beralih ke pembelianprotected havendi tengah ketidakpastian ekonomi dunia dan risiko-risiko geopolitik.

DilansirXinhua,kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember naik 16,4 dollar ASatau 1,08 persen, menjadi 1.531,5 dollar AS per ounce.

Baca Juga:  Ada Pertanda Investor Mulai Tinggalkan Emas, Harga Turun? - CNBC Indonesia

Baca juga:Harga Emas Naik, Bagaimana Prospek Bisnis Emas Digital Pegadaian?

- Advertisement -

Emasberjangka telah naik setelah data pada Senin (23/9/2019) menunjukkan aktivitas manufaktur di zona euro mengalami kontraksi lebih tajam pada September. Hal ini merupakan terburuk dalam hampir tujuh tahun.

Indeks pembelian manajer (PMI) sektor manufaktur zona euro jatuh ke stage terendah 83-bulan di 45,6 pada September, turun dari 47 pada Agustus.

Namun, kenaikan logam mulia itu dibatasi oleh dollar (sebutan untuk mata uang dollar AS) yang lebih kuat.

Baca Juga:  Harga Bitcoin Anjlok ke Level Terendah Enam Bulan - Bisnis.com

Baca juga:Awali Pekan, Harga Emas Antam Turun

Indeks dollar AS, yang mengukurdollarterhadap enam mata uang utama saingannya, naik 0,39 persen menjadi 98,66 pada pukul 17.30 GMT, sesaat sebelum penyelesaian transaksi emas.

Emas biasanya bergerak berlawanan arah dengan dollar AS. Sehingga jikadollarmenguat maka emas berjangka akan jatuh, karena emas yang dihargai dalam dollar AS menjadi lebih mahal bagi investor yang menggunakan mata uang lainnya.

Baca Juga:  Ninja 250, R25, CBR250RR Harga Terbaru, Harga Rata-rata Dimulai Dari Rp 64 Jutaan - Otomotifnet

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Desember naik 86,2 sen atau 4,83 persen ditutup pada 18,711 dollar AS per ounce.

Platinum untuk pengiriman Oktober menguat 11,3 dollar AS atau 1,2 persen, menjadi 953,9 dollar AS per ounce.

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close