Teknologi

Gunakan Satelit, Lahan Pasca Tambang Bakal Dipantau – Kedaulatan Rakyat


KEMENTERIAN Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggandeng Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) untuk memantau proses reklamasi pasca tambangan.

- Advertisement -

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot mengatakan, pihaknya akan menggunakan data satelit untuk memantau reklamasi‎ pasca tambang secara akurat.

“Reklamasi distant pengawasan reklamasi berdasarakan data satelit bekerjasama dengan Lapan,” kata Bambang, di Bandung, Jumat (13/9/2019).

Baca Juga:  Adidas Tak Lagi Gunakan Robot Eropa untuk Produksi - VIVA - VIVA.co.id

Menurut Bambang, selama ini pihaknya telah memantau proses reklamasi pasca tambang dengan memanfaatkan teknologi digital memalui aplikasi Googlemaps. Namun, data yang didatap kurang akurat.

- Advertisement -

“Kadang saya cek karena nggak punya alat saya cek pakai Googlemaps meski nggak update. Tapi itu bisa saya lihat itu baru Google yang gratis‎,” tuturnya.

Baca Juga:  Ingin Gunakan Softlens? Kamu Harus Perhatikan Empat Hal ini - covesia

Bambang yakin, dengan menggunakan pemantauan data satelit Lapan, pemantauan pelaksanaan reklamasi pasca tambang akan lebih akurat. Sehingga pelaksanaan tanggung jawab perusahaan bisa dilakukan dengan baik.

“Apalagi kerjasam dengan Lapan, kalau rekalamasi yang muter muter ini sudah jalan atau belum kelihatan,” tandasnya.

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close